Thursday, June 13, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahBangun Jembatan Ekonomi Kabupaten Sambas Tim Diskumindag Kunjungi Gerai Decomekers Jogja

Bangun Jembatan Ekonomi Kabupaten Sambas Tim Diskumindag Kunjungi Gerai Decomekers Jogja

JURNALNUSANTARA.NET – Suasana penuh keceriaan dan kehangatan menyelimuti gerai Decomekers di Lt.2 Galeria Mall Jogja saat tim perwakilan OPD Diskumindag Bidang UKM dan Perdagangan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, berkunjung dalam rangka memperkuat kerja sama ekonomi antar daerah. Kunjungan ini sebagai bagian dari upaya membangun jembatan ekonomi untuk mengembangkan potensi daerah dan mendukung perkembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) setempat, pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Decomekers sendiri merupakan nama brand kegiatan promosi mandiri produk unggulan ekspor anggota Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama, Forum Mebel Kerajinan Dan Seni (Formekers) Indonesia yang terpajang dan dipamerkan di lantai 2 Galeria Mall, pusat perbelanjaan legendaris di Yogyakarta.

“Kami sangat antusias dengan kesempatan berkunjung ke gerai Decomekers ini. Harapan kami, melalui silaturahmi, tukar pengalaman dan menjalin kerjasama dengan para pelaku usaha di Jogja khususnya di Decomekers ini, dapat meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk unggulan Kabupaten Sambas,” ungkap Urai Dini Arini Kabid UKM Diskumindag Kabupaten Sambas, Sabtu (22/07/2023).

Dini juga menambahkan bahwa kunjungan tim Diskumindag Sambas memiliki tujuan strategis yaitu menjalin kemitraan bisnis yang berpotensi dapat meningkatkan akses pasar dan distribusi produk-produk Kabupaten Sambas.

“Kami merasa terinspirasi dan semakin yakin bahwa produk UKM Kabupaten Sambas juga memiliki potensi yang dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional. Semoga kerjasama yang nantinya akan terjalin dapat membuka pintu kesempatan baru bagi kami untuk mengembangkan pemasaran produk – produk Kabupaten Sambas,”Imbuh Dini.

Pada kesempatan tersebut, rombongan dari Sambas didampingi Koordinator tim kreatif Decomekers Jogja Itock Van Diera bersama, Agung Wicaksono dan Sofian Tahir melihat langsung produk unggulan ekspor Jogja dan mempelajari strategi pemasaran yang telah berhasil diterapkan oleh para pelaku usaha di Decomekers.

Tidak hanya dari segi bisnis, kunjungan ini juga memberikan kesempatan bagi tim Diskumindag Sambas untuk memahami lebih dalam tentang pengelolaan bisnis berbasis kreatifitas dan ekonomi kreatif secara keseluruhan. Mereka diajak untuk melihat betapa pentingnya pengembangan produk berbasis nilai tambah dan upaya pemasaran yang tepat sasaran.

Dengan terjalinnya hubungan erat antara Kabupaten Sambas dan Jogja, diharapkan dapat terbuka peluang kerja sama yang lebih luas, baik dalam bentuk pemenuhan bahan baku, pemasaran produk, pertukaran teknologi, maupun pengembangan SDM. Kerjasama ini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di kedua wilayah dan mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi di dunia bisnis.

Decomekers, sebagai salah satu ikon kreativitas di Jogja, siap berkontribusi dalam mengembangkan potensi ekonomi daerah-daerah di Indonesia. Harapan mereka, kunjungan dari tim Diskumindag Kabupaten Sambas dapat menjadi langkah awal yang mempererat sinergi antar daerah dan mewujudkan jembatan ekonomi yang kuat di masa depan. (Rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru