Thursday, February 2, 2023
Jurnal Nusantara
HomeDaerahBulog Kanwil Yogyakarta Gandeng Disperindag DIY Guyur Pasar dengan Cadangan Beras Pemerintah

Bulog Kanwil Yogyakarta Gandeng Disperindag DIY Guyur Pasar dengan Cadangan Beras Pemerintah

JURNALNUSANTARA.NET – Guna menjaga stabilitas harga dan mengendalikan inflasi, Bulog Kanwil Yogyakarta menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY dalam meluncurkan Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sampai ke tingkat konsumen sepanjang tahun 2023, dimulai dari tanggal 4 Januari 2023 sampai dengan tanggal 31 Desember 2023.

Acara seremonial Program SPHP tersebut ditandai dengan peluncuran penyaluran Cadangan Beras Pemerintah yang dilepas oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Ir. Syam Arjayanti, M.P.A. didampingi oleh Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Yogyakarta, M. Attar Rizal dan juga Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY,. Yuna Pancawati, S.E., M.Si. pada Jum’at (6/1/2023) di halaman kantor Disperindag DIY.

Perusahaan Umum (Perum) Bulog melakukan penyaluran perdana kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), sebagai upaya preventif pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat dan keterjangkauan harga bagi konsumen.

Pemimpin Perum Bulog Kanwil Yogyakarta, M. Attar Rizal menyampaikan, bahwa tujuan pelaksanaan SPHP beras di tingkat konsumen bertujuan untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga beras di tingkat konsumen agar daya beli masyarakat terjaga, dan inflasi terkendali di seluruh wilayah Indonesia.

“Perum Bulog siap melaksanakan program SPHP khususnya di wilayah kerja Kanwil Yogyakarta. Program SPHP ini juga sebagai perwujudan Tiga Pilar Ketahanan Pangan yang ditugaskan kepada Bulog yaitu ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas,” tegas Attar Rizal.

“Beras diguyur ke pasar, outlet binaan, pengecer, dan lainnya dengan harga di depan pintu gudang Bulog, di atas alat angkut pembeli, sebesar Rp 8.300 per kg, pedagang menjual dengan harga maksimal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras Medium sebesar Rp 9.450 per kg sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” tambahnya.

M. Attar Rizal juga menyampaikan bahwa sebelumnya, selama tahun 2022, Bulog Kanwil Yogyakarta telah menyalurkan beras untuk stabilisasi harga dengan nama program sebelumnya Ketersediaan Pasokan dan Harga pangan (KPSH) sejumlah 53.368ton. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru