Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeRagamDepartemen Perempuan dan Keluarga MES DIY Bincang Bisnis Makanan Halal

Departemen Perempuan dan Keluarga MES DIY Bincang Bisnis Makanan Halal

JURNALNUSANTARA.NET – Di panggung kuliner Jogja Expo Center (JEC) digelar bincang bisnis makanan halal oleh Babah Rossi, Minggu (6/11/2022), pukul 15.00-17.30 WIB, dengan moderator Nur Aisyah Haifani, ST.

Bertajuk “Halal Live Cooking for Bussiness” with Chef Berlin & Kebuli bin Rossi, peserta disampaikan cara memasak Lahm Mandhi Rice, authentic smokey (nasi mandhi otentik dengan asap), Arabian Roasted Lamb (kambing bakar khas Arab), pickled zalatah (acar zalatah), garlic mayo salad (salad dengan mayo bawang).

Selain itu, mendapatkan snack dan minuman, cooking skill, sertifikat, apron, topi serta free drink menu Arabic Spiced Milk (susu rempah Arab).

Mendapat pula resep bumbu rahasia, praktik langsung bersama chef dan hasil masakan bisa dibawa pulang.

Acara yang digelar di sela-sela Jogja Halal Festival#2 merupakan salah satu program Departemen Perempuan dan Keluarga Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY yang diketuai Nur Aisyah Haifani, ST.

Selain menambah wawasan halal kontemporer dari Chef Berlin, peserta mendapatkan analisa bisnis dari Rossi (Kebab Rossi) dan pendampingan sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY.

Pada kesempatan itu, Chef menginformasikan bahan-bahan halal yang selama ini belum di-declare secara resmi. Selain juga tips dan trik agar mudah dalam memasak.

Untuk makanan halal, menghadirkan makanan khas Timur Tengah, yaitu nasi Mandhi. Dan bagaimana memasaknya yang pas dan empuk, dibahas oleh Chef Berlin.

Tak kalah menariknya, peserta yang mengikuti kegiatan itu mendapatkan voucher dari Hara Chicken seluruh cabang dan Resto Ar Rafi Kebuli Briyani, masing-masing sebesar Rp 50 ribu. Total untuk hadiah doorprize sebesar Rp 10 juta.

Saat ini masyarakat semakin peduli akan makanan halal. “Karena halal itu sehat dan berkah, terutama untuk umat Muslim,” kata Nur Aisyah Haifani, ST, mengawali memandu acara tersebut.

Putri pasangan H Haifani Hilal (alm) dan Hj Istinaroh Hanad ini merupakan founder Halal Cooking School. “Halal itu sudah menjadi industri besar di dunia dan sudah dilirik oleh pemain industri-industri besar dunia,” ungkap Nur Aisyah, owner Azzahra Company.

Ketua Departemen Perempuan dan Keluarga MES DIY mengatakan, kuliner adalah salah satu industri besar dengan pendapatan yang besar.

“Jadi perlu diedukasi pentingnya halal di dunia komersial lewat pembahasan bisnisnya berjualan makanan halal dan bagaimana mengemasnya menjadi menarik serta laku,” ungkap Nur Aisyah. (*/fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru