Sunday, December 4, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahKabupaten Tangerang Dukung Peningkatan Literasi Peserta Didik, Lebih Dari Seribu Sekolah Telah...

Kabupaten Tangerang Dukung Peningkatan Literasi Peserta Didik, Lebih Dari Seribu Sekolah Telah Terdigitalisasi

JURNALNUSANTARA.NET – Indonesia saat ini menempati ranking ke 62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi, atau berada di 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Kurangnya pemerataan akses literasi yang tersedia menjadi salah satu penyebabnya, sehingga berdampak pada kemampuan membaca dan penalaran literasi peserta didik. Padahal kemampuan literasi merupakan hal penting yang dibutuhkan dalam menciptakan sumber daya manusia yang kompeten.

Dalam rangka mendukung kemampuan literasi pada anak, Kabupaten Tangerang menggandeng Troya Academic Platform (TAP), platform digitalisasi sekolah yang berasal dari Yogyakarta untuk menunjang wadah pembelajaran interaktif kepada lebih dari 1.000 sekolah SD-SMP se-Tangerang. Karena pada pengembangan awal platform digitalisasi sekolah dari TAP ini, ialah berupa perpustakaan digital atau e-library.

Direktur Utama TAP, Yodan Pranata mengatakan, kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan awal permulaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendukung pemerataan akses perpustakaan dan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik.

“Seiring dengan ajakan pemerintah untuk meningkatkan minat literasi, kami merasa TAP bisa turut andil dengan memperkuat ekosistem e-library bagi sekolah-sekolah di Indonesia,” jelas Yodan.

“Kita siapkan koleksi literasi dalam berbagai format termasuk video book dan games edukatif, hingga penamaan aplikasi sesuai dengan nama dan identitas sekolah masing-masing dan TAP juga mendukung distribusi literasi menjadi lebih efisien hanya dengan 1 klik,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Drs. H. Syaifullah, M.M, menyambut baik dan sangat mendukung implementasi program peningkatan litersi peserta didik dengan program aplikasi digital TAP di Kabupaten Tangerang ini.

“Kami menyambut baik keberadaan aplikasi TAP ini yang bisa mendukung peningkatan kemampuan membaca anak, sehingga pendidikan di Kabupaten Tangerang lebih cepat beradaptasi dengan digitalisasi yang tentu saja dinamis dan lebih bergerak maju,” tuturnya.

Syaifullah juga berharap bahwa dengan program TAP ini bisa mempercepat digitalisasi pendidikan sesuai dengan rencana Kemendikbudristek.

Suryani selaku kepala sekolah SDN Jengkol 02 Kabupaten Tangerang, saat ditemui awak media pada Kamis 22 September 2022, mengatakan bahwa kegunaan dari aplikasi e-library TAP ini bisa mendukung para tenaga pendidik untuk tidak hanya sekedar menjadi alat bantu pengajaran, namun juga untuk menaikkan akreditasi sekolah dengan penerbitan buku.

“Implementasi ini merupakan inisiatif yang bisa membawa dampak positif bagi kami para tenaga pendidik untuk mendukung proses pembelajaran, kami sebagai tenaga pendidik juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan karya ke dalam aplikasi ini sehingga bisa menyebarkan ilmu lebih luas lagi ke murid-murid dan tentu saja kami siap untuk menerima perubahaan cara belajar ke dunia digitalisasi,” ungkap Suryani.

Program peningkatatan literasi peserta didik melalui platform digital TAP ini diharapkan dapat digunakan oleh 5,000 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai dengan dengan rencana digitalisasi pendidikan dari pemerintah. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru