test
Sunday, June 23, 2024
Jurnal Nusantara
HomeEkonomi & BisnisKADIN Kabupaten Tasikmalaya Sambangi Yogyakarta, Perluas Kerjasama Pemasaran Produk UMKM

KADIN Kabupaten Tasikmalaya Sambangi Yogyakarta, Perluas Kerjasama Pemasaran Produk UMKM

JURNALNUSANTARA.NET – Dalam upaya memperluas jangkauan pemasaran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Tasikmalaya, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Tasikmalaya melakukan kunjungan penting ke Yogyakarta. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KADIN Kabupaten Tasikmalaya, H. Cecep D Abdul Qoyum, ini membawa serta berbagai unsur penting, termasuk para pengurus KADIN Kab. Tasikmalaya, dewan pakar, dewan penasehat, dewan pertimbangan, dan unsur pemerintah daerah.

Dalam kunjungan ini, turut hadir pula Kadis Perindag Kab. Tasikmalaya, unsur Kecamatan, serta 18 komunitas yang meliputi Ketua Forum Bumdes, Asosiasi Kopi, Wirausaha BI, Komunitas UMKM, Forkom Kecamatan, Direktur Geo Park Galunggung, dan lainnya. Tujuan utama kunjungan ini adalah untuk membantu memfasilitasi pemasaran produk-produk UMKM Kabupaten Tasikmalaya, memperkuat kolaborasi antar daerah, dan membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM.

Selama di Yogyakarta, KADIN Kabupaten Tasikmalaya melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan KADIN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penandatanganan ini merupakan langkah strategis dalam menjalin kerjasama yang lebih erat antara kedua daerah, terutama dalam aspek pemasaran dan distribusi produk UMKM. Selain itu, kerjasama ini juga bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengembangkan usaha kecil dan menengah.

Tidak hanya dengan KADIN DIY, KADIN Kabupaten Tasikmalaya juga akan memperkuat kerjasama dengan Forum Mebel Kerajinan dan Seni (FORMEKERS) Indonesia melalui gerai Decomekers yang berada di lantai 2 Galeria Mall, Jogja. Rombongan diterima langsung oleh Koordinator Bidang Kreatif Formekers Indonesia, Itock Van Diera didampingi oleh manager Decomekers, Sofian Tahir dan awak media pada Sabtu, (01/6/2024).

Decomekers sendiri dikenal sebagai gerai yang fokus pada produk-produk kreatif, inovatif dan unggulan ekspor dari anggota Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama. Melalui penjajagan kerjasama ini, produk-produk UMKM dari Kabupaten Tasikmalaya diharapkan dapat lebih dikenal dan diterima oleh pasar yang lebih luas.

H. Cecep D Abdul Qoyum menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah nyata dalam upaya KADIN Kabupaten Tasikmalaya untuk terus mendukung dan mendorong kemajuan UMKM. “Kami berharap, melalui kerjasama ini, produk-produk UMKM dari Tasikmalaya dapat semakin dikenal dan memiliki daya saing yang tinggi di pasar nasional maupun internasional,” ujarnya.

“Saya melihat di Gerai Decomekers, Formekers ini ternyata juga sebagai etalase untuk bisa menginformasikan kepada masyarakat bahwa disini banyak sekali produk – produk yang punya nilai kualitas tinggi dan display semacam ini sangat penting bagi kami untuk bisa mengenalkan produk Kab. Tasikmalaya kepada masyarakat luas,” imbuh Cecep.

Dengan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan UMKM Kabupaten Tasikmalaya dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian daerah. Kunjungan ke Yogyakarta ini menjadi langkah awal yang penting dalam mewujudkan visi dan misi KADIN Kabupaten Tasikmalaya untuk membawa UMKM lokal menuju kancah yang lebih luas. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru