Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeSeni & BudayaKirab Budaya Merti Dusun Pundong III dan IV Tirtoadi Mlati Sleman

Kirab Budaya Merti Dusun Pundong III dan IV Tirtoadi Mlati Sleman

JURNALNUSANTARA.NET – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka secara langsung kirab budaya, menandai dimulainya rangkaian acara Merti Dusun Pundong III dan IV, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Minggu (24/7/2022), ditandai dengan penerbangan burung merpati, pemecahan kendi, dan penyilangan janur ketupat.

Kegiatan yang dilakukan secara bersamaan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman Edy Winarya dan Lurah Tirtoadi Mardiharto, untuk mewujudkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi.
 
Kustini menyampaikan dukungan sekaligus apresiasi atas diselenggarakannya Merti Dusun Pundong III dan IV ini.

“Upaya pelestarian budaya seperti ini hendaknya tidak hanya bersifat rutinitas belaka, namun dapat dimaknai nilai-nilainya,” kata Kustini, yang mengajak masyarakat Dusun Pundong III, IV dan sekitarnya untuk memanfaatkan momen tersebut dalam kebersamaan.
 
Merti Dusun, kata Kustini, merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa. “Oleh karena itu, rasa syukur masyarakat dapat diwujudkan dengan menjaga dan memelihara kelestarian alam lingkungan sekitar,” ujar Kustini.

Diharapkan, Merti Dusun Pundong ini menjadi sarana masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai luhur warisan para pendahulu. Dan juga dapat menjadi atraksi wisata bagi masyarakat tidak hanya di dusun Pundong, tapi juga dari luar dusun Pundong III dan IV. “Tanpa harus mengurangi kekhidmatan dan kesakralan rangkaian acaranya,” ungkap Kustini.
 
Rangkaian Merti Dusun Pundong III dan IV ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Juli 2022 dengan kirab budaya, kemudian diikuti rangkaian acara lain seperti pengajian dan kenduri massal, pagelaran wayang kulit serta kesenian tari kuda lumping.

Kirab budaya yang dilaksanakan pada Minggu pagi itu diikuti oleh 17 bregodo, terdiri dari masyarakat dusun Pundong I, II, III, IV dan sekitarnya. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru