Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeRagamKomunitas Kopi Nusantara Jadi Inisiator Pameran Jogja Coffee Week #2 Di Jogja...

Komunitas Kopi Nusantara Jadi Inisiator Pameran Jogja Coffee Week #2 Di Jogja Expo Center

JURNALNUSANTARA.NET – Pameran Jogja Coffee Week #2 (kedua) bertema “Indonesia Coffee Showcase” akan dihelat pada tanggal 2 – 6 September 2022 bertempat di Hall A Jogja Expo Center Yogyakarta setelah terjeda selama Dua tahun tidak dilaksanakan akibat pandemi covid-19.

Inisiator dari pameran ini adalah Komunitas Kopi Nusantara, kumpulan para pecinta dan penggiat kopi se-Indonesia yang mempunyai kepedulian terhadap komoditas kopi di Indonesia. Komunitas yang saat ini beranggotakan sekitar 24 korwil di seluruh Indonesia ini didirikan di Yogyakarta pada lima tahun lalu.

Ketua Komunitas Kopi Nusantara Imam Wisnu Birowo yang juga owner dari Sellie Coffee saat ditemui setelah acara konferensi Pers Pameran Jogja Coffee Week #2 di kantor managemen JEC, Bantul Yogyakarta pada Rabu (13/07/2022) siang mengungkapkan bahwa Ide dari Pameran Jogja Coffee Week yang pertama dan kedua ini memang berasal dari komunitas kami, ungkapnya.

“Kami komunitas saat itu punya pikiran bagaimana seharusnya temen – temen di komunitas kopi ini punya satu event yang sifatnya mewadahi temen temen petani di hulu, pelaku kopi di tengah dan juga hilir yang semuanya bisa terakomodir menjadi satu di dalamnya,”tutur Wisnu.

Wisnu juga menambahkan bahwa penekanan event Jogja Coffee Week #2 ini adalah mengumpulkan produsen kopi atau petani di tingkatan hulu, di tengah ada bidang prosesnya, pengadaan alat dan mesin mesinnya dan di hilir adalah pelaku bisnis kopi agar mereka semua bisa bertemu di event pameran ini, tambahnya.

Bak gayung bersambut ide dari komunitas kopi nusantara yang ingin mengadakan event saat itu ditangkap oleh Rahadi Saptata Abra dari Medialink yang memang bergerak dibidang pengorganisasian event – event besar di Yogyakarta. Untuk event Jogja Cofee Week yang kedua ini dukunganpun mengalir tidak hanya dari managemen Jogja Expo Center tetapi juga dari KADIN DIY sebagai agregator ekonomi dan rumah bisnisnya DIY.

Dituturkan oleh ketua panitia pameran Rahadi Saptata Abra dalam konferensi Persnya bahwa tujuan digelarnya kembali Jogja Coffee Week #2 ini adalah untuk mengembangkan usaha kopi mulai skala petani, UMKM hingga perusahaan – perusahaan besar pemilik merk – merk terkenal dengan segala turunannya baik dari sisi hulu, tengah dan puncaknya di sisi hilir dimana saat ini sedang bertumbuh pesat di Indonesia, tuturnya.

Gelaran Event Jogja Coffee Week #2 : “Indonesia Coffee Showcase 2022’ ini berbeda dengan pameran sejenis lainnya karena dalam event ini diisi rangkaian kegiatan pendukung seperti kompetisi biji kopi yang dilanjutkan dengan lelang biji kopi, edukasi dan workshop di sisi hulu, tengah dan hilir antara lain untuk petani, prosesor, roastery, industri ikutan kopi, pergudangan & logistik, serta distribusi & digital marketing.

Dengan demikian hal itu diharapkan dapat lebih menunjukkan wajah perkopian Indonesia dan di tahun – tahun mendatang menjadi salah satu barometer industri kopi dunia. (soe)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru