Sunday, November 27, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahKondisi Cuaca Tidak Menentu Di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lakukan Ini...

Kondisi Cuaca Tidak Menentu Di Papua, Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Lakukan Ini Terhadap Warga

JURNALNUSANTARA.NET – Dengan kondisi cuaca di perbatasan yang tidak menentu saat ini membuat beberapa warga di perbatasan RI PNG mengalami sakit.

Menghadapi situasi dan kondisi tersebut, Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Pos Ujung Karang langsung respon cepat memberikan pelayanan kesehatan secara gratis dengan berkeliling kampung dan mendatangi rumah-rumah warga Papua, di Kampung Pikere, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (19/7/2022).

Hal tersebut disampaikan Danpos Ujung Karang Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Rks Kapten Inf Arnold Paretta dalam keterangannya.

Danpos mengatakan, tim kesehatan itu mengadakan pelayanan kesehatan keliling dengan cara langsung mendatangi rumah warga dipimpin Wadanpos Ujung Karang Sertu Ramadhan beserta 10 anggota dan dengan 1 orang anggota kesehatan.

“Memang benar Tim Kesehatan kami saat ini terus berkeliling memgobati warga yang sakit dan sekaligus mengecek kondisi warga lainnya, hal ini karena saat ini memasuki musim penghujan resiko terkena penyakit semakin tinggi,” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami akan selalu berusaha memastikan warga-warga binaan khususnya di Kampung Pikere mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” imbuhnya Danpos.

Ditambahkan Danpos kesehatan merupakan hal utama yang harus dijaga agar kita semua dapat beraktivitas dengan baik dan untuk warga dengan kondisi kesehatan yang baik dapat melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, hadirnya Satgas Pamtas Yonif 711/Rks Kampung Pikere, dapat memberikan arti dalam membantu menangani kesulitan dan meringankan beban masyarakat dibidang kesehatan,” terangnya.

Selain itu, tampak warga senang melihat kegiatan pelayanan kesehatan tersebut. Karena juga sebagai sarana komunikasi dan mempererat silaturahim antara anggota Pos Batom dengan warga.

Pelayanan kesehatan terhadap warga rutin dilakukan oleh TNI untuk mengetahui dan mencegah secara dini penyakit yang diderita oleh warga baik dewasa maupun anak-anak, sehingga bisa mencegah kondisi penyakit agar tidak menjadi lebih buruk.

Hal ini juga diakui Sertu Ramadhan yang ikut serta menemui warga melaksanakan kegiatan tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan sebagian besar warga mengalami batuk, pilek, dan demam, hal itu terjadi mengingat udara yang lembab akibat curah hujan yang cukup tinggi,” ungkapnya.

“Selain itu bagi masyarakat yang sakit maupun bergejala sakit langsung Tim kesehatan Pos Ujung Karang memberikan obat, agar dapat beraktivitas kembali,” ujar Sertu Ramadhan.

Masyarakat pun diajak warga untuk selalu menjaga kesehatan secara rutin dengan makan teratur, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta segera berobat apabila merasakan gejala sakit atau merasa tidak enak badan.

Sementara itu, tokoh masyarakat Bapak Charles (45) salah satu warga yang diberikan pengobatan mengungkapkan, kegiatan layanan pengobatan dari Satgas Pamtas Yonif 711/Rks sangat membantu masyarakat dan manfaatnya juga dapat langsung dirasakan warga kampung terutama yang mengalami sakit maupun gejala sakit.

“Kami sangat senang sekali bapak-bapak TNI Pos Ujung Karang datang ke kampung kami dan telah kasih bantu obati warga yang sakit serta mau berbagi pengetahuan bagaimana cara agar bisa hidup sehat,” ungkap Charles. (Pen Yonif 711/Rks)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru