Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomePariwisataPT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Transformasi dan Modernisasi di Tiap...

PT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Transformasi dan Modernisasi di Tiap Lini Usaha

JURNALNUSANTARA.NET – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko mendorong agenda transformasi dan modernisasi di tiap lini usahanya.

Hal ini pun berpengaruh pada kinerja Koperasi Karyawan (Kopkar) Taman Wisata Candi (TWC) yang turut mengembangkan lini bisnis usahanya untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono bersama Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto dan Ketua Koperasi Karyawan TWC Saryana meresmikan pembukaan Koperasi Space “Kspace” sebagai satu usaha baru bidang Food & Beverage yang berada di area Kantor Pusat TWC, Sleman, D.I. Yogyakarta, Jum’at (22/7/2022).

Sebagai wujud syukur, launching Kspace ini disertai dengan penyerahan santunan bagi Panti Asuhan Yapitu Bantul dan Al Barokah Sleman.

Pembukaan Kspace yang berlokasi di barat Teater & Pentas Ramayana Prambanan ini, akan menyemarakkan bisnis kuliner di wilayah Yogyakarta Timur, yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik wisatawan.

Kspace berkonsep coworking space dengan arsitektur modern, yang terdiri dari ruangan indoor maupun outdoor serta rooftop, yang bisa menjadi area yang cocok untuk menikmati suasana di sore hari.

Kspace cocok bagi para pekerja yang menerapkan kerja fleksibel dan santai. Kspace juga menyediakan menu minum ala café berbahan dasar kopi serta makanan cepat saji. Selain itu, Kspace dilengkapi dengan fasilitas WiFi yang kencang guna menunjang aktivitas di jagat maya.

Selain itu, Kspace menghadirkan ruang kerja bersama untuk mendukung kebutuhan fleksibilitas dan mobilitas serta kenyamanan kerja yang semakin tumbuh dan berkembang.

“Kspace juga menjadi bukti bahwa koperasi bisa terus berkembang, baik dari sisi bisnis usaha maupun juga pengembangan visi koperasi ke depannya,” terang Ketua Koperasi Karyawan TWC Saryana.

Dijelaskan Saryana, Koperasi Space ini merupakan wujud kerjasama antara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko dengan Koperasi Karyawan Taman Wisata Candi (TWC).

Di lokasi ini PT TWC menyediakan lahan pendukung, sementara Kopkar TWC bertindak sebagai pihak yang berinvestasi. Adapun kontribusi koperasi ke TWC berupa sharing profit atau bagi hasil dari sewa lahan yang telah disepakati.

Dalam agenda kerjanya, Kopkar TWC turut menerapkan nilai-nilai kolaboratif dalam mengembangkan usahanya. Hal ini dilakukan dengan mengandeng beberapa pihak, seperti kerjasama dengan Pertamina untuk pengadaan Pertashop, Wi-Fi Corner yang bekerja sama dengan Telkom Indonesia serta kerjasama dengan Grab Jogja sebagai pembentukan titik Grab Station di kawasan Prambanan, Sleman.

Selain itu, Kopkar TWC juga bekerja sama dengan Indogrosir untuk pengadaan jejaring toko ritel modern yang dimilikinya.

Ke depan, model bisnis seperti ini akan dikembangkan ke luar area Taman Wisata Candi. Sudah direncanakan akan dibuka outlet di dekat TWC Ratu Boko dan satu outlet di TWC di Borobudur.

Selain itu, akan dikembangkan anak usaha PT Hita Gemilang Jaya untuk mengekskalasi pendapatan koperasi yang nantinya akan kembali dan dinikmati oleh seluruh anggota koperasi.

Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, mengapresiasi langkah Kopkar TWC yang melakukan ekspansi bisnis usaha ini.

Menurutnya, langkah strategis ini harus dibarengi dengan konsep pemahaman baru kepada anggota koperasi agar bisa tumbuh beriringan. “Sehingga bisa saling mendukung satu sama lain,” tandas Edy Setijono, yang berharap tantangan ke depan harus bisa dipahami dengan penyesuaian.

Dikatakannya, terobosan-terobosan diperlukan sekaligus melakukan upaya pemahaman baru bagi anggota. “Hal ini nantinya akan menumbuhkan satu perspektif baru yang bisa memantik anggota untuk ikut berkontribusi,” ungkapnya.

Kopkar TWC merupakan koperasi yang beranggotakan karyawan PT TWC. Saat ini, Kopkar TWC memiliki beberapa unit usaha yang berada di lingkungan kerja PT TWC, seperti simpan pinjam, souvenir, kendaraan wisata berbasis listrik dan percetakan.

Melalui Kspace ini, Kopkar TWC berekspansi ke dalam bisnis F&B dengan pangsa pasar yang lebih luas. Dan ini sebuah langkah maju yang patut diapresiasi. “Tapi ini juga harus diikuti dengan pengelolaan yang profesional,” papar Edy Setijono.

Di unit bisnis, kata Edy, harus mengoptimalkan pendapatan. “Sementara aktivitas koperasi fokus pada kesejahteraan anggotanya,” pungkas Edy. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru