Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeRagamSebanyak 700 Kicau Mania Meriahkan Kompetisi Burung Berkicau Bupati Bantul Cup

Sebanyak 700 Kicau Mania Meriahkan Kompetisi Burung Berkicau Bupati Bantul Cup

JURNALNUSANTARA.NET – Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup tahun 2022 kembali digelar di Pasar Seni Gabusan, Minggu (20/11/2022). Ketua Pengurus Rajawali Indonesia Kabupaten Bantul, Irfan Muhammad mengatakan, festival ini diikuti oleh 700 Kicau Mania, sebutan bagi komunitas yang memiliki minat khusus terhadap satwa burung.

“Konsentrasi massa yang sekarang berkumpul di Pasar Seni Gabusan untuk mengikuti Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup ada sekitar 700 orang. Mayoritas berasal dari regional Jogja dan Jawa Tengah. Ada juga yang berasal dari luar Pulau Jawa seperti Makassar dan Kalimantan,” ujar Irfan.

Antusias para Kicau Mania untuk menyemarakkan festival dan lomba ini diapresiasi oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih. Menurutnya, Kicau Mania mengalami perkembangan yang luar biasa. Jumlah anggota komunitas tersebut terus bertambah, yang itu berarti ekosistem Kicau Mania juga semakin besar.

“Kicau Mania ini perkembangannya luar biasa. Ekosistemnya semakin besar. Hal ini tentu saja juga berkontribusi pada penangkaran konservasi burung agar tidak punah. Terlebih burung endemik asli Indonesia,” jelas Halim.

Selain turut serta dalam kelestarian satwa burung di Indonesia, Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup juga mendorong pergerakan ekonomi kreatif di Kabupaten Bantul. Bantul sendiri dikenal dengan ragam kegiatan kreatif yang banyak, baik dari segi produksi maupun jasa.

Dalam perhelatan Lomba Burung Berkicau, jasa yang kerap ditawarkan dan menunjukkan kreativitas di Kabupaten Bantul adalah jasa penitipan dan pelatihan agar burung dapat berkicau dengan indah.

Sementara itu, jika ditilik dari segi industri kreatif, Festival dan Lomba Kicau Burung juga menjadi momentum untuk mengenalkan sangkar burung autentik dari Bantul. Industri sangkar burung banyak dilakukan di Kabupaten Bantul, seperti di Wukirsari dan Sedayu.

Sektor lain yang juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi adalah produksi pakan burung yang mampu meningkatkan kesejahteraan produsen. Maka, tak heran apabila Festival dan Lomba Burung Berkicau Bupati Bantul Cup juga punya andil dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bantul. (*)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru