Friday, May 24, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahDecomekers Wujud Kolaborasi Formekers Indonesia dan Galeria Mall

Decomekers Wujud Kolaborasi Formekers Indonesia dan Galeria Mall

JURNALNUSANTARA.NET – Forum Mebel Kerajinan Dan Seni (FORMEKERS) Indonesia yang beranggotakan para pelaku usaha yang berorientasi pasar ekspor melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama, kembali membuat terobosan baru untuk mempromosikan produk ekspor dan industri kreatif ke pasar domestik dengan brand “Decomekers” yang bekerjasama dan berkolaborasi dengan Galeria Mall.

Decomekers sendiri adalah sebuah nama brand dari kegiatan promosi produk – produk unggulan anggota Koperasi Formekers Kriya Utama yang akan terpajang dan dipamerkan selama sekitar satu tahun di Galeria Mall, salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Yogyakarta, lokasinya berada di Gondokusuman, Yogyakarta.

Mall yang didirikan pada tahun 1995 ini terdiri dari 5 lantai pertokoan plus 1 basement area parkir dengan penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional, antara lain Matahari Department Store, Starbucks, Giordano, KFC, Kids Fun dan masih banyak lagi.

Ketua tim kreatif Formekers Indonesia, Itock Van Diera menjelaskan bahwa kerjasama dan kolaborasi antara Formekers Indonesia dan Galeria Mall ini terinspirasi dari kegiatan pameran Kopimekers Expo yang telah sukses terselenggara di Atrium Galeria Mall pada Bulan Desember tahun 2022 lalu.

“Konsep Decomekers ini cukup menarik karena tidak hanya bicara bisnis tapi juga ada edukasi kepada publik tentang berbagai hal yang berkaitan dengan produk industri kreatif unggulan berkualitas ekpor, turunannya dan juga produk seni yang memang jarang dilihat dan dipasarkan di pasar lokal, “ ungkap Itock di sela diskusi dengan tim manajemen Galeria pada Kamis (16/3/2023).

Endah Salman, Leasing Manager Galeria Mall menambahkan, bahwa Manajemen Galeria menyambut baik tindak lanjut kerjasama dan kolaborasi dengan Formekers melalui program Decomekers dengan memberikan fasilitas ruang pamer di Lantai 2 Galeria Mall seluas 200 m2 yang akan menjadi pusat aktifitas promosi dan penjualan produk unggulan anggota formekers Indonesia selama satu tahun.

“Kerjasama dengan formekers ini menarik dan spesial ya, karena di dalamnya para pengusaha eksportir lokal Jogja yang memang kualitas produknya jelas tidak diragukan lagi dan bagi kita ini jadi suatu kehormatan Formekers bisa beraktifitas disini nantinya,” ujar Endah.

“Rencananya target pembukaan Decomekers akan kita mulai sebelum Lebaran bulan April karena momen ini paling tepat, banyak pengunjung yang datang ke Mall untuk berbelanja persiapan lebaran dan dapat menjadi aternatif pilihan bagi customer Galeria bahwa disini ada produk kualitas ekspor,” imbuhnya.

Sementara itu Rudy P Budihardjo, Manager Macom Galeria Mall senada dengan Itock melihat bahwa konsep yang ditawarkan Formekers dengan “Decomekers” ini tidak hanya murni bicara soal bisnis.

“Disini dunia kreatif, dunia seni ini juga ditampilkan dan ini jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Galeria Mal yang sebenarnya sejak lama sudah mengedepankan kegiatan – kegiatan yang berbeda dari sisi konsep bahwa pameran itu tidak hanya bicara bisnis semata tapi lebih mengedepankan seni,” ungkap Rudy.

“Kita sudah kenal Jogja sebagai gudangnya para maestro seni dan budaya maka Galeria hadir sebagai bagian dari kota Jogja, jadi memang sudah sejak lama kami membina, menggalang kerjasama dan kolaborasi dengan komunitas baik institusi, universitas, mahasiswa, sanggar – sanggar yang ini semua terpadu menjadi satu kesatuan bagaimanapun kita adalah corp bisnis disini tetap jadi sentra bisnis namun kita sadar kita bagian dari Jogja kita juga ikut menyertakan dari sisi seni dan budaya,” tambahnya.

“Mudah mudahan dengan adanya kerjasama dan kolaborasi bersama Formekers ini bisa menggeliatkan dan membangkitkan kembali semangat kita yang kemarin berhenti hampir 3 tahun dengan adanya pandemi, menjadi bagian dari recovery kami dalam kembali meningkatkan semangat baik itu bisnis, para pebisnis di Galeria maupun juga kawan- kawan seniman dan budayawan Jogja,” pungkas Rudy. (rmd)

BERITA TERKAIT

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru