Thursday, February 2, 2023
Jurnal Nusantara
HomeEkonomi & BisnisFormekers Indonesia Bersama Dinkop UKM DIY Gelar Kopimekers Expo 2022 di Galeria...

Formekers Indonesia Bersama Dinkop UKM DIY Gelar Kopimekers Expo 2022 di Galeria Mall

JURNALNUSANTARA.NET – Forum Mebel Kerajinan dan Seni (FORMEKERS) Indonesia melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama bersama Dinas Koperasi dan UKM (DISKOPUKM) Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar kolaborasi pameran produk unggulan UMKM Yogyakarta selama 4 hari yaitu KOPIMEKERS EXPO 2022 di Atrium Galeria Mall pada tanggal 1 sd 4 Desember 2022.

Hal itu terungkap dalam acara jumpa wartawan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A, Ketua Formekers Indonesia, Johni Sahlan, Ketua Koperasi Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan dan Ketua Bidang Kreatif, Itock Van Diera di Hotel Neo Malioboro Yogyakarta pada Senin (28/11/2022).

Ketua Koperasi Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan mengatakan, bahwa Kopimekers Expo 2022 menjadi istilah adaptasi kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Formekers Indonesia dalam penyelenggaraan event pameran yang berisi produk unggulan anggota Formekers melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama dan UMKM binaan DISKOP UKM DIY.

“Kopimekers Expo 2022 ini adalah sebuah mandat yang diberikan kepada Formekers Indonesia oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama programnya SiBakul Jogja yang merupakan bentuk digitalisasi model pembinaan Sirkular Dinkop UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyelenggarakan pameran atau event yang mengandung visi dan misi Dinas Koperasi dan nilai-nilai yang dimiliki Formekers sebagai sekumpulan pengusaha yang berskala global,” ujarnya, pada Senin 28 November 2022 ketika jumpa wartawan.

Disisi lain Itock Van Diera selaku Ketua Bidang Kreatif Formekers Indonesia mengungkapkan, bahwa Kopimekers lahir sebagai wadah untuk berdialog dan berdiskusi tentang berbagai isu dan topik yang menarik seperti pasar expor, prediksi ekonomi, desain produk, fotografi, fashion, kuliner, dan lain-lain bagi para pelaku usaha dan anggota yang tergabung dalam Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia yang dilakukan di tempat santai seperti resto, cafe, hotel, sambil menikmati secangkir kopi panas.

“Jadi Kopimekers Expo 2022 ini bukan sekedar pameran biasa, melainkan adalah sebuah edukasi yang dibalut dalam sebuah eksibisi bisnis dan dikemas secara lebih populer (ringan, santai, gembira) tanpa kehilangan esensi dan keseriusannya,” ucapnya.

Itock juga menyebut, terdapat 4 nilai yang diusung dalam Kopimekers Expo 2022 yaitu, kerjasama coops, manajemen yang baik, persistensi dan inovasi bisnis, dan kolaborasi berkelanjutan.

“Lebih dari sekedar transaksi bisnis, pameran ini diharapkan akan semakin mendorong dan membangun semangat dan kapasitas, baik dari pelaku pameran itu sendiri maupun kepada publik secara lebih luas, terutama kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM),” katanya.

Ditambahkan oleh Itock bahwa ajang pameran ini sebagai sebuah mandat yang didalamnya mengandung pesan tertentu dan bukan sekedar pameran biasa melainkan pameran yang harus mampu mencerminkan sekaligus menyebarluaskan nilai-nilai yang dimiliki para pelaku terkait dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi kepada publik tentang bagaimana membangun sebuah bisnis mebel, kerajinan, dan seni yang berkelanjutan.

Sementara, Ketua Forum Mebel Kerajinan Dan Seni (Formekers) Indonesia, Johni Sahlan menjelaskan hadirnya Formekers memberikan para pelaku UMKM sebuah inspirasi dan motivasi untuk terus berkembang dan menaikkan levelnya ke jenjang yang lebih tinggi melalui kegiatan Kopimekers Expo 2022.

“Kopimekers Expo 2022 adalah sebuah event kerjasama atau kolaborasi berbagai pihak yang saling mendukung agar atmosfir dan substansi pameran dapat tersampaikan dengan baik,” Jelas Johni

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, juga mengungkapkan bahwa melalui pameran ini bisa memberikan edukasi dan vokasi kepada para pelaku UMKM maupun pengunjung.

“Didalam pameran ini tidak hanya sebatas pameran saja, tapi juga mengajak beberapa pihak untuk bisa berwirausaha dan saya berharap melalui koperasi yang ada di Formekers bisa menjadi agregator bagi pelaku UMKM,” katanya.

Launching Brand SiBakul Jogja – (Foto: Rahmad Soemardi/JurnalNusantara.net)

Ditengah jumpa wartawan yang diselenggarakan di Hotel Neo Malioboro ini juga dilaksanakan launching brand SiBakul Jogja dan Kopimekers oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama ketua koperasi pemasaran Formekers kriya Utama.

Brand Sibakul Jogja dan Kopimekers itu berwujud produk daur ulang dari limbah drum bekas yang merupakan hasil karya dari salah satu anggota Koperasi Formekers Kriya Utama, T-Vintage and Recycled yang akan tampil juga di ajang Kopimekers Expo 2022 di Galeria Mall 1 sd 4 Desember mendatang. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru