Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahKPU Bantul Launching E-Pemilos EVOSS, Berikan Pendidikan Demokrasi Bagi Siswa

KPU Bantul Launching E-Pemilos EVOSS, Berikan Pendidikan Demokrasi Bagi Siswa

JURNALNUSANTARA.NET – Dalam upaya menciptakan pemilih yang cerdas, rasional dan bertanggungjawab, Bupati Bantul dan KPU Bantul melakukan Launching E-Pemilos EVOSS (Electronic Voting System for Students) SMP dan SMA Se-Kabupaten Bantul yang diadakan di Ruang Mandhala Saba Madya, Komplek Parasamya, Rabu (12/10/2022).

Pada kesempatan ini, Bupati Bantul dan KPU Kabupaten Bantul meluncurkan E-Pemilos dengan Aplikasi Evoss. E-Pemilos ini merupakan upaya KPU dan Pemerintah Kabupaten Bantul dalam menginvestasi demokrasi agar dapat menciptakan pemilih yang cerdas, rasional dan bertanggung jawab.

“Pemilos atau Pemilihan Ketua OSIS adalah bagian dari metode pendidikan pemilih yang kami laksanakan secara berkelanjutan dan dilaksanakan di Kabupaten sejak tahun 2011, kegiatan pemilihan ketua OSIS adalah bagian dari hasil kolaborasi Pemerintah Kabupaten Bantul yang dikoordinasikan olen Badan Kesbangpol Kabupaten Bantul, kemudian KPU Bantul, Balai Pendidikan Menengah dan Kementerian Agama. Pemilihan tahun 2022 ini diikuti oleh 188 sekolah jenjang sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas,” jelas Kepala KPU Bantul, Didik Joko Nugroho.

“Mengingat kita masih dalam kondisi transisi Covid-19 segala kegiatan pemilos tahun 2022 ini, kami lakukan secara online dengan menggunakan aplikasi Evoss, diinisiasi dan dibuat oleh Diskominfo Kabupaten Bantul. Melalui Aplikasi Evoss ini para siswa akan menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya.

Didik menambahkan, keberadaan Aplikasi Evoss ini merupakan bagian dari upaya para penyelenggara pemilos untuk mengajak para siswa lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi. Meskipun dilakukan secara online dipastikan bahwa semua tahapan pemilos dilaksanakan seperti tahapan pemilu maupun pilkada.

Diawali dengan pembentukan penyelenggara pemilos di masing-masing sekolah kemudian dilanjutkan dengan pemutakhiran data pemilih, kemudian pendaftaran calon kandidat ketua OSIS, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, diakhiri dengan penetapan calon terpilih.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul saya mengucapkan selamat mengikuti E-Pemilos ini, meskipun dilakukan secara daring, saya berharap antusiasme dan kesungguhan para siswa tetap tinggi di dalam E-Pemilos taun ini. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada KPU Bantul atas inisiatif dan kerjasamanya sehingga terselenggaranya E-Pemilos tahun ini sebagai upaya memberikaan pendidikan demokrasi bagi siswa kita, semoga kegiatan ini dapat melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang cerdas dan demokratis,” ujar Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih.

Halim mengatakan, kegiatan Pemilos yang dilaksanakan di sekolah adalah bertujuan sebagai sarana dalam pendidikan pemilih dan demokrasi. Siswa akan mengerti pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat dengan merefleksikan kepada kepengurusan OSIS. Siswa akan mengenal serta memahami nilai-nilai demokrasi dengan merefleksikan pada nilai-nilai yang harus ditegakkan di dalam OSIS.

“Saya berharap E-Pemilos akan memberikan pendidikan demokrasi yang baik untuk penyelenggara, maupun untuk pemilih maupun kandidat calon Ketua OSIS,” tuturnya.

Setelah meluncurkan E-Pemilos dan Aplikasi Evoss, acara dilanjutkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Bantul dan KPU Kabupaten Bantul yang berkaitan dengan dukungan dan support Pemerintah Kabupaten Bantul dalam Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. (*)

 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru