Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeRagamLomba Kreatif Muktamar ke-48 Muhammadiyah 'Aisyiyah: Ajang Syiar dan Unjuk Kreatifitas Warga...

Lomba Kreatif Muktamar ke-48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah: Ajang Syiar dan Unjuk Kreatifitas Warga Persyarikatan

JURNALNUSANTARA.NET – Ajak masyarakat bergembira bersama jelang Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, panitia gelar lomba kreatif.

Penjelasan mengenai lomba ini dipaparkan dalam Doorstop Afiliasi #6 pada Rabu (14/9/2022) oleh Edward Trias Pahlevi selaku Panitia Lomba Kreatif Muktamar ke-48.

Lomba kreatif dengan tema “Membangun Sportifitas dan Kreativitas Menuju Insan Berkemajuan” ini dapat diikuti seluruh warga masyarakat, baik di Indonesia maupun di mancanegara.

“Mendorong kreativitas kader muda Muhammadiyah dan memberikan kesempatan mengapresiasikan minat serta bakat,” jelas Edward.

Tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai bagian dari syiar dan dakwah dalam dunia digital. “Pesan yang ingin kami sampaikan adalah bagaimana lomba kreatif menjadi syiar Muhammadiyah di dunia digital, meramaikan karya seni kader muda Muhammadiyah untuk mensyiarkan kreatifitas serta mempererat ukuwah persaudaraan,” papar Edward.

Terdapat beberapa kategori perlombaan yang dapat diikuti dan dipilih oleh masyarakat, yakni cover theme song Muktamar ke-48 “Derap Berkemajuan”, desain poster ucapan Muktamar ke-48, lomba da’i cilik serta lomba seni membaca Al-Qur’an.

Ditambahkan Guntur, Panitia Lomba Kreatif Muktamar, pendaftaran lomba sudah dibuka sejak Juli 2022 dan akan ditutup pada 16 Oktober 2022.

Masih ada kesempatan yang cukup luas untuk menyampaikan kreatifitas kita dan semua persyaratan bisa dilihat di website lombakreatif.com.

Ada yang menarik dari lomba poster yang diadakan ini, di mana panitia mensyaratkan jenis poster adalah poster yang dilukis atau disketsa secara manual.

Biasanya, lomba-lomba poster menggunakan digital untuk membuatnya. Kali ini ucapannya menggunakan gambar atau sketsa untuk menghindari plagiasi terhadap konten digital yang banyak beredar. “Kita mengantisipasi itu sehingga yang kita buka adalah poster dengan karya murni,” terang Guntur.

Desain poster tersebut dapat diikuti peserta dengan memilih empat tema: sejarah Muhammadiyah, kisah hidup tokoh Muhammadiyah, kisah tentang kiprah Muhammadiyah kontemporer yang memiliki nilai, keunikan, dan pelajaran hidup serta refleksi Muktamar ke-48 Muhammadiyah: Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta.

Hadiah senilai puluhan juta rupiah akan diberikan kepada 4 pemenang dari masing-masing kategori. Juara pertama, kedua, dan ketiga akan ditentukan oleh dewan juri, dan ditambah juara favorit.

Fajar Djunaedi, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), memberikan apreasiasinya atas berbagai lomba yang digelar panitia untuk memeriahkan muktamar.

Fajar menyoroti lomba poster yang disyaratkan dibuat secara manual oleh peserta. “Lomba ini sangat luar biasa, meskipun kita tidak menolak teknologi digital, tetapi menggambar poster secara manual mudah kita lupakan ketika teknologi menawarkan kemudahan dalam mereproduksi gambar,” kata Fajar.

Oleh karena itu, Fajar berharap warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah untuk secara aktif menggelorakan lomba ini, yang dapat menjadi kesempatan terbaik untuk menjadi digital citizenship yang mencerahkan melalui teknologi digital dan melalui rangkaian lomba ini.

Pendaftaran dan pengiriman hasil karya akan ditutup pada 16 Oktober 2022 sebelum dilakukan pengumuman pemenang pada malam mangayubagyo Muktamar ke-48 yang akan dilaksanakan pada 18 November 2022. (Fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru