Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahMiliki Gedung Baru, Dekranasda Kabupaten Sleman Launching Sistem Informasi Dekranasda Kelola Fasilitas

Miliki Gedung Baru, Dekranasda Kabupaten Sleman Launching Sistem Informasi Dekranasda Kelola Fasilitas

JURNALNUSANTARA.NET – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sleman melaunching Sistem Informasi Dekranasda Kelola Fasilitas (SIDEKLOLITA) bersamaan dengan acara Gebyar Batik Sleman 2022 yang dibuka oleh Ketua Dekranasda Sleman, Sri Purnomo dan dihadiri oleh para pengurus Dekranasda Sleman, para kepala dinas di lingkungan Pemkab Sleman, Management SCH, para tamu undangan dan awak media pada Kamis 20 Oktober 2022.

Gedung Baru Dekranasda Sleman yang beralamat di Jalan Magelang Km.10, Tridadi Sleman memiliki luasan lahan sekitar 2000 meter persegi, dengan bangunan tematik berlantai 4 termasuk roof top, ini menjadi jendela UMKM Kabupaten Sleman melalui Dekranasda Sleman dan juga akan menjadi Gedung pusat penjualan UMKM Kabupaten Sleman.

Hal ini terungkap melalui Ketua Harian Dekranasda Sleman, Ir. H.Abdul Kadir, M.H. saat ditemui awak media sesaat setelah acara pembukaan Gebyar Batik Sleman pada Kamis (20/10/2022) di Gedung Dekranasda Sleman.

“Gedung ini dibangun dengan APBD 2 tahun dengan konsep tematik, ramah difable dan ada open space untuk anak – anak muda, saat ini sudah efektif digunakan dan masyarakat luas juga boleh menggunakan gedung ini dengan mengakses tata cara penggunaannya melalui Sistem Informasi Dekranasda Kelola Fasilitas yang sudah tersedia,” ungkap Kadir

Kadir yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Fraksi PAN DPRD Sleman dan juga Anggota Komisi C DPRD Sleman mengatakan, bahwa dengan program SIDEKLOLITA bertujuan agar UMKM Sleman dapat menerima manfaat dan juga mendapat fasilitas dengan mudah.

“Gedung ini betul- betul bisa menjadi tempat dimana UMKM Sleman dapat memajang produk dan dagangan mereka dengan sistem kurasi dan sistem informasi dekranasda kelola fasilitas yang sudah diterapkan,” ujar Kadir.

“Ke depan akan ada kebijakan dari bupati Sleman yang akan mengarahkan tamu – tamu pemkab Sleman dari seluruh dinas dan juga tamu – tamu dinas dari anggota dewan atau DPRD Sleman untuk dapat berkunjung ke Gedung Dekranas dan juga showroom atau gallery yang ada di dinas Perindag,” imbuhnya.

Emmy Kurnia Budianti, S.T.,M.Ec.Dev., M.P.P. selaku Koordinator SIDEKLOLITA menjelaskan bahwa pembuatan Sistem Informasi Dekranasda Kelola Fasilitas karena terkait dari banyaknya permintaan atau antusiasme tinggi dari masyarakat untuk dapat ikut menggunakan ruangan dan aset di Gedung Baru Dekranasda Sleman.

“Target utama dari sistem ini adalah agar masyarakat luas lebih banyak yang tahu tentang Gedung Dekranasda Sleman ini melalui website atau online sehingga informasi tentang pemanfaatan gedung ini menjadi lebih mudah, lebih lancar, terorganisir dan juga efisien,” jelas Emmy.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengajukan permohonan pengajuan peminjaman ruangan dan informasi lainnya melalui klik link website www.dekranasdasleman.id,” papar Emmy yang juga menjabat sebagai Penyuluh Perindag ahli Madya dan Sub Koordinator Pengembangan Usaha Industri Dinas Perindag Sleman. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru