Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomePariwisataObyek Wisata Baru “Bojong Asri” Tampilkan Pesona Jembatan Kretek 2...

Obyek Wisata Baru “Bojong Asri” Tampilkan Pesona Jembatan Kretek 2 Bantul

JURNALNUSANTARA.NET – Kunjungan wisatawan yang terus meningkat di setiap liburan akhir pekan di Pantai Depok, Kretek, Bantul, Yogyakarta mendorong warga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut memberanikan diri untuk membuka obyek wisata baru yaitu Wisata Bojong Asri dengan tujuan meningkatkan perekonomian warga pasca pandemi.

Obyek Wisata Bojong Asri itu sendiri hanya berjarak sekitar 800 meter dari obyek wisata pantai Depok yang merupakan objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar tiga puluh kilometer di sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Ketua kelompok pengelola wisata Bojong Asri, Yanto menjelaskan bahwa Wisata Bojong Asri merupakan obyek wisata baru yang dikelola secara mandiri oleh sekitar 18 warga dengan luas tanah milik pribadi sekitar 1,6 hektar, jelas Yanto saat ditemui awak media di sela – sela acara bakti sosial Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram di lokasi pada Minggu 25 September 2022 pagi.

Menurut Yanto, Wisata Bojong Asri akan menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan menarik dengan latar belakang Jembatan Kretek 2 yang berdiri megah diatas sungai Opak yang bertemu dengan lautan saat matahari mulai tenggelam atau sunset.

“Secara geografis lokasi ini merupakan sepadan sungai Opak dan dekat dengan muara sungai Opak atau suwangan yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari lokasi wisata Bojong Asri ini ditambah adanya Jembatan Kretek 2 yang sudah jadi, maka kami tangkap peluang itu ,” tuturnya.

“Ke depannya kami juga akan menyajikan wisata malam hari ada warung kopi dengan hiburan musik dan juga kulinernya selain itu nantinya juga akan ada lokasi untuk camping ground, wisata air seperti kano, perahu dan susur sungai,” imbuhnya.

Secara pengelolaan obyek Wisata Bojong Asri dikelola secara mandiri oleh kelompok warga dan Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram menjadi komunitas pertama yang mengadakan kegiatan di tempat wisata baru ini sekaligus membantu mengenalkannya kepada masyarakat luas.

“Uji coba lokasi yang pertama kali sebelum kita mengenalkan ke masyarakat itu ya dari Lions Club Puspita Mataram ini, kita masih baru betul – betul baru, embrio saja belum,” ujar Yanto.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Lions Club Yogyakarta Pupita Mataram dengan i bantuan 50 bibit pohon cemara dan pule untuk penghijauan dan tempat sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Panewu Kretek Cahya Widada mengaku mengapresiasi kegiatan bakti sosial Lions Club Yogyakarta Puspita Mataram yang sekaligus ikut membantu mengangkat obyek wisata baru Bojong Asri di wilayahnya.

“Kami mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan hari ini, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan ini merupakan kolaborasi yang sangat baik antara Lions Club dan pengelola wisata baru ini ,” katanya. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru