Friday, May 24, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahPariwisata Jogja Dalam Satu Genggaman  Dengan Aplikasi Platform  Digital Jogja Carnival

Pariwisata Jogja Dalam Satu Genggaman  Dengan Aplikasi Platform  Digital Jogja Carnival

JURNALNUSANTARA.NET – Aplikasi Jogja Carnival, sebuah platform digital inisiatif inovatif di bidang pariwisata yang berisi Transaksi dan Atraksi kini hadir memanjakan wisatawan baik dalam dan luar negeri  yang akan berkunjung ke Yogyakarta.

Kehadiran APLIKASI JOGJA CARNIVAL ditandai dengan acara Grand Launching yang dilakukan oleh  Kadin DIY Pariwisata, Yayasan Jogja Carnival Istimewa, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, dan Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY di halaman  Museum Serangan Umum Satu Maret yang berlokasi di titik NOL, jantung kota Yogyakarta pada  Minggu (06/08/2023).

Grand launching Aplikasi Jogja Carnival ini dibuka oleh Plt.  Asisten Bidang Pemberdayaan SDM Setda DIY Aris Eko Nugroho didampingi oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan DIY Syam Arjayanti, Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPS) DIY  Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara dan Ketua Pelaksana Jogja Carnival Arif Effendi yang juga WKU Kadin DIY Pariwisata.

Tampak hadir pula WKU Kadin DIY Bidang Organisasi Robby Kusumaharta, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono, Edwin dari Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY serta tokoh pariwisata DIY Tazbir Abdullah.

“Aplikasi Jogja Carnival ini free, tidak dipungut biaya baik bagi pengguna maupun penjual  dan  dibangun oleh Kadin Pariwisata, PHRI dan ASITA DIY yang didalamnya ada transaksi dan atraksi wisata, ungkap Arif Effendi Ketua Pelaksana Jogja Carnival 2023.

“Kebutuhan wisatawan tentang wisata Jogja jelas ada di genggaman, mereka dapat diskonnya dan  mereka juga dapat hadiahnya, hari ini sudah kita mulai untuk menjalankan aplikasi tersebut minimal bisa meningkatkan 25 % kunjungan wisatawan di Jogja,” imbuhnya.

Menurut Arif wisatawan dan masyarakat dapat mengunduh secara gratis di Google Play Store dengan menggunakan HP berbasis android, untuk HP iOS dalam proses pengerjaan. Pengunduh dapat mengambil e-voucher discount dari merchant yang terdaftar pada aplikasi ini. Besarnya discount yang diberikan sangat bervariasi diserahkan pada masing-masing merchant contohnya seperi diskon  transportasi pesawat terbang, kereta api, angkutan darat, hotel,  restoran, berbagai merchant dan juga produk –  produk UKM DIY.

Sementara itu Plt. Asisten Bidang Pemberdayaan SDM Setda DIY Aris Eko Nugroho saat ditemui usai acara menyampaikan bahwa kegiatan launching aplikasi Jogja Carnival merupakan kegiatan kolaboarasi dari lembaga yang intens memperhatikan betul pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Aplikasi ini harapannya bisa menjadi sarana bagi orang luar Jogja untuk semakin mengenal Jogja. Harapan kami aplikasi yang ada ini diisi aktifitas – aktifitas yang ada di Jogja karena kita punya ribuan event yang diselenggarakan setiap tahunnya,” kata Aris.

“Cuma yang belum berhasil sampai saat ini adalah merangkai jadi satu kesatuan menjadi bagian cerita setiap orang yang datang ke Jogja itu bisa tahu waktunya kapan datang ke Jogja, mau melihat apa itu bisa dari awal diketahui, maka kita berharap betul aplikasi ini mendukung adanya destinasi –  destinasi wisata di Yogyakarta,” pungkasnya. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru