Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahSilaturahmi Warga Muhammadiyah Kulonprogo, Penanaman 1 Juta Pohon Aren

Silaturahmi Warga Muhammadiyah Kulonprogo, Penanaman 1 Juta Pohon Aren

JURNALNUSANTARA.NET – Menyongsong Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah di Surakarta pada 18-20 November 2022 mendatang, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo menyelenggarakan silaturahmi warga Muhammadiyah Kulonprogo di Stadion Cangkring, Kapanewon Wates, Kabupaten Kulonprogo, Minggu (23/10/2022), dihadiri Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana.

Acara yang dihadiri lebih dari 25 ribu warga Muhammadiyah Kulonprogo itu dimeriahkan 1.500 pesilat Tapak Suci Putera Muhammadiyah dan 500 anak-anak TK dan SD yang bermain angklung secara kolosal.

Ketua PDM Kulonprogo, Dr HM Jumarin, M.Pd, mengatakan, kegiatan ini merupakan silaturahmi warga Muhammadiyah Kulonprogo untuk menyongsong Muktamar ks-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta, Jawa Tengah.

“Selain itu dalam rangka menggembirakan warga Muhammadiyah untuk mengokohkan ukhuwah dan saling memperkuat antarwarga Muhammadiyah,” kata Jumarin, yang menambahkan sudah dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

Muhammadiyah akan selalu memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan di Kulonprogo, baik dalam pilar keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sosial ekonomi.

“Kami selalu berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan,” katanya lebih lanjut.

Penjabat Bupati Kulonprogo, Tri Saktiyana, menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mendukung suksesnya Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta.

Menurutnya, organisasi Muhammadiyah telah banyak berperan di Kulonprogo. “Bahkan di Indonesia,” tandasnya di depan Sri Purnomo, Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kulonprogo.

Melalui beberapa fasilitas sekolah dan klinik kesehatan, Muhammadiyah mampu memberikan layanan pendidikan maupun fasilitas kesehatan (faskes) kepada masyarakat luas.

Sejak Muhammadiyah hadir, banyak orang yang dipintarkan, dicerdaskan oleh pendidikan dan sekolah, banyak orang diselamatkan dan disehatkan oleh rumah sakit atau faskes. “Warga disejahterakan dengan UKM milik warga Muhammadiyah,” ucap Penjabat Bupati Kulonprogo Tri Saktiyana, di depan Anggota DPD RI Drs M Afnan Hadikusumo dan H Syauqi Soeratno (Wakil Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah) yang dalam Musypimwilsus Muhammadiyah DIY ditetapkan sebagai calon anggota DPD RI 2024-2029 utusan Muhammadiyah DIY.

Di sela-sela acara tersebut diserahkan bibit pohon aren kepada PDM Kulonprogo dalam rangkan gerakan penanaman 1 juta pohon aren di DIY.

Pencanangan penanaman 1 juta bibit pohon aren ini merupakan program kerjasama Asosiasi Aren Nusantara (AREN) dengan berbagai macam organisasi lembaga dan instansi.

Adib Nurhadi, koordinator AREN menyatakan, di Kulonprogro penanaman bibit pohon aren dilaksanakan bekerjasama dengan PDM Kulonprogo dalam kaitannya dengan dukungan terhadap agenda Green Muktamar. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru