Thursday, June 13, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahFormekers Goes To Campus #1, Perkuat Sinergi Dunia Usaha Dan Pendidikan

Formekers Goes To Campus #1, Perkuat Sinergi Dunia Usaha Dan Pendidikan

JURNALNUSANTARA.NET – Forum Mebel Kerajinan Dan Seni ( FORMEKERS ) Indonesia yang beranggotakan 70 para pelaku usaha yang berorientasi pasar ekspor, akademisi, dan penggiat seni kembali membuat terobosan baru dengan menggelar acara “Formekers Goes to Campus #1”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan dunia Pendidikan khususnya Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta

“Formekers Goes to Campus #1,” berlangsung di Gerai Decomekers, Galeria Mall Lantai 2 pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 dan ini merupakan sebuah inisiatif luar biasa dari Formekers Indonesia yang dapat mempertemukan dunia usaha dengan dunia pendidikan melalui ajang “sharing knowledge” dan dialog interaktif berbagai ilmu pengetahuan tentang wirausaha kepada para mahasiswa yang akan lulus dari pendidikan perguruan tinggi.

Acara ini menampilkan dua nara sumber pelaku usaha dari Formekers Indonesia yaitu James Silalahi atau yang akrab disapa bang Ucok, owner dari CV. T Vintage And Recycled Metal Art, produsen produk daur ulang limbah drum bekas dan Rahmad Soemardi Owner Mahiya Craft & Accserories, pengusaha produk aksesoris yang juga memanfaatkan berbagai limbah kain ( Perca) batik, lurik, tenun dan juga Compact Disk (CD) bekas menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi.

Selain dialog interaktif tentang kewirausahaan, pada kesempatan kali ini Ketua Sekolah Tinggi Arsitektur Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta (STARS YKPN), Ir. Dwi Wahjoeni Soesilo Wati, M.Arch juga melakukan penandatangan Memorandum of Agreement tentang Kerjasama Pendidikan Dan Pengajaran, Penelitian Dan Pengembangan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Ketua Forum Mebel Kerajinan Dan Seni Indonesia, Johni Sahlan.

Turut hadir dalam kegiatan Formekers Goes To Campus #1 Ketua Prodi Sarjana Arsitektur STARS YKPN Yogyakarta, Azis Yon Haryono, S.T.,M.Sc. bersama 30 mahasiswa, Ketua Formekers Indonesia Johni Sahlan, Ketua Tim Kreatif Itock Van Diera, para official Formekers Indonesia, Nur, perwakilan management UKM Smartfren Jogja, serta awak media.

Menurut Ketua STARS YKPN, Ir. Dwi Wahjoeni Soesilo Wati, M.Arch bahwa program Formekers Goes To Campus merupakan realisasi kerjasama kampus STARS YKPN Yogyakarta dengan Formekers Indonesia dimana Kemenristekdikti selalu mendorong perguruan tinggi untuk bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan dunia usaha.

“Hari ini kami membawa sekitar 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan bersama 2 dosen untuk mengikuti acara sharing knowledge kewirausahaan ini bersama pelaku usaha Formekers,” ungkap Dwi ditemui usai acara, Sabtu (14/10/2023)

“Sangat tepat untuk STARS YKPN dengan branding kita sebagai kampus galeri, tidak hanya belajar arsitektur namun kami juga belajar mebel, kerajinan dan seni untuk mewujudkan misi kita sebagai kampus arsitektur yang bisa memproduksi sesuatu yang bisa dipajang selain karya – karya arsitektur,” tambah Dwi.

“Formekers Goes to Campus #1” menjadi wadah bagi peserta didik untuk lebih mengenal komunitas dunia usaha, khususnya dalam sektor mebel, kerajinan, dan seni. Melalui kegiatan ini, mereka dapat memperluas wawasan terhadap kewirausahaan dan industri kreatif.

Selain itu, UKM berkesempatan untuk berdiskusi tentang keterkaitan dengan kompetensi peserta didik. Hal ini diharapkan akan membantu dalam menciptakan sumber daya manusia yang lebih kreatif dan mandiri untuk mendukung perkembangan dunia usaha.

Kegiatan yang berlangsung di Gerai Decomekers, Galeria Mall Lantai 2, akan dilanjutkan ke depannya dengan beberapa perguruan tinggi lain yaitu dengan kampus ISI, UII dan UPN Yogyakarta.

Diharapkan kegiatan Formekers Goes To Campus ini dapat memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha, serta meningkatkan kualitas peserta didik dan industri kerajinan di DIY.

Dengan berkurangnya kesenjangan antara lulusan pendidikan dan kebutuhan dunia kerja, diharapkan penciptaan lapangan kerja akan semakin membaik, memotivasi interaksi yang lebih baik, dan memenangkan persaingan pasar baik di dalam maupun luar negeri. (ivd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru