Monday, February 26, 2024
Jurnal Nusantara
HomePendidikanGandeng TikTok, Gramedia Kampanyekan Generasi Z Gemar Membaca

Gandeng TikTok, Gramedia Kampanyekan Generasi Z Gemar Membaca

JURNALNUSANTARA.NET – PT. Gramedia yang merupakan perusahaan retail yang bergerak dalam bisnis toko buku yang menyediakan berbagai produk yang sangat erat dengan dunia pendidikan yaitu buku dan stationery mulai membidik pola promosi pemasarannya dengan menggandeng aplikasi platform digital TikTok dengan menggelar acara Creative Workshop #SerunyaMembaca pada Jumat (10/03/2023) bertempat di Gramedia Jogja Sudirman, Jl. Jend. Sudirman No.54-56, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta 55224.

Acara Creative Workshop bersama TikTok #SerunyaMembaca ini menghadirkan narasumber dari tim Tik Tok Indonesia yaitu Vian Prasadana Creator Partnership Manager, Yoshi Gondokusumo, Global E-Commerce Market dan Kamila Yasmine, Books Content Afiliate Creator Gramedia serta diikuti oleh sekitar 70 peserta para konten kreator, komunitas buku, penulis, penerbit dan juga para resseler buku lainnya.

Menurut Ricky Rahardi, Marcom Gramedia bahwa kerjasama dengan TikTok dalam Workshop Creative ini bertujuan untuk lebih mendekatkan Gramedia dengan semua stake holder termasuk generasi Z dan sekaligus mengkampanyekan kegiatan gemar membaca dengan tagar “SerunyaMembaca.”

“Kita pingin ajak temen – temen konten kreator Jogja, penulis buku dan lain lain untuk bisa bikin konten melalui aplikasi TikTok karena TikTok saat ini jadi hawa baru untuk dunia sosial media dan yang paling responsif dan juga ada tim edukasinya untuk mengajak road show perihal workshop ini,” kata Ricky di sela acara Jumat (10/03/2023) di Gramedia Jogja.

“Saat ini di era digital teman – teman Gen Z lebih banyak melihat gawai makanya kita buat tantangan buat konten minat baca dengan mengajak dan buat konten tentang buku seperti tips tips baca buku, baca buku biar nggak ngantuk , pose dengan buku, review buku singkat, audio book dan lainnya, jadi kita juga mengubah mengikuti arus zaman,” imbuh Ricky.

TikTok sendiri adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri dengan cara membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan hanya dengan men-scroll layar ke atas maupun ke bawah.

Keunikan dari TikTok dibanding dengan sosial media yang lain adalah menjadi platform sosial media pertama yang menggabungkan banyak karateristik sosial media lain dalam satu aplikasi, yang membuat TikTok menjadi tren untuk dunia sosial media saat ini.

Strategi Gramedia dalam menggandeng TikTok untuk mengkampanyekan gemar membaca bagi generasi milenial dan Z menjadi strategi yang jitu dan tidak bisa dihindari karena perlahan tapi pasti peran Tik Tok sudah mulai tampak dalam mengubah cara kita bersosial media. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru