Friday, May 24, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerah1000 Orang Ikuti Perayaan HUT Ke-2 Yogowes Kota Jogja

1000 Orang Ikuti Perayaan HUT Ke-2 Yogowes Kota Jogja

JURNALNUSANTARA.NET – Dalam rangka memperingati HUT ke-2 Yogowes, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), gelar perayaan dengan sepeda gembira bersama 1.000 warga pada Jumat (10/3/2023) pagi.

Start dari Komplek Balai Kota Yogyakarta, dengan panjang rute mengarah ke Stadion Mandala Krida, Fly Over Lempuyangan, Jalan Jenderal Sudirman Kotabaru, Tugu Pal Putih, Jalan Malioboro, Nol Kilometer, Jalan Sultan Agung, dan kembali ke Balai Kota.

Secara resmi peserta diberangkatkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya, secara bergantian untuk 10 kloter, dengan jumlah 100 peserta di tiap kloternya.

“Hari ini dua tahun usia Yogowes, harapannya kita semua bisa memperingatinya tetap dengan semangat yang sama ketika Yogowes dilahirkan, oleh karenanya mari kita ikuti dan rayakan dengan gembira bersama,” ujar Aman.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan, Yogowes hadir sebagai tempat bagi penggemar dan penggiat sepeda di Kota Jogja, untuk berkumpul dan bersilaturami sekaligus upaya untuk membuat badan sehat serta bugar.

“Yogowes juga hadir sebagai wisata olahraga atau sport tourism, untuk mengenalkan tempat-tempat menarik sekaligus mengenal lebih dekat kampung dan wilayah di Kota Jogja. Dengan adanya Yogowes ini menjadi salah satu atraksi daya tarik wisata Kota Jogja, dan bagian dari upaya mempromosikan Kota Jogja sebagai kota pendidikan dan kota wisata,” jelasnya.

Budi menambahkan, pada perayaan HUT ke-2 Yogowes juga diadakan Gelar Pelajar Pemuda, sebagai ajang bagi pelajar dan pemuda agar dapat mengekspresikan kemampuannya di hadapan masyarakat Kota Jogja. Melalui penampilan seni musik dan penggunaan kostum unik saat bersepeda pada kegiatan Yogowes.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kota Yogyakarta, Agus Trimadi menjelaskan, Yogowes akan semakin dikenalkan ke masyarakat, sebagai tonggak bersepeda Kota Jogja. Melalui kerjasama dengan banyak OPD, dan pihak lain seperti Bank BPD DIY, Bank Jogja, Bank Syariah Indonedia, dan Hydro Coco yang pada perayaan HUT ke-2 Yogowes, mendukung dengan memberi hadiah menarik untuk peserta.

“Kami ajak dan rangkul masyarakat untuk ikut serta, bersepeda dan bergembira bersama. Ini juga upaya untuk mendorong peningkatan indeks kebugaran masyarakat, supaya warga di Kota Jogja semakin sehat dan gemar berolahraga,” katanya.

Salah satu peserta Yogowes dari Komunitas Tugu Golong Gilig, Kardiman berpendapat, kegiatan tersebut menjadi momen yang menggembirakan untuk masyarakat. Terutama untuk para komunitas pecinta sepeda di Kota Jogja.

“Kita selalu mendukung Kota Jogja untuk lebih baik, bersepeda disiplin di jalan. Untuk pemuda dan masyarakat Jogja pada umumnya, marilah berkegiatan bersama, bersepeda dengan tertib,” tuturnya. (*)

 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru