Thursday, February 2, 2023
Jurnal Nusantara
HomeEkonomi & BisnisGelaran Kopimekers Expo 2022 Sukses Hasilkan Lebih Dari 500 Karya Foto

Gelaran Kopimekers Expo 2022 Sukses Hasilkan Lebih Dari 500 Karya Foto

JURNALNUSANTARA.NET – Gelaran Kopimekers Expo 2022 , yang dihelat mulai tanggal 1-4 Desember 2022 di lantai GF Galeria Mall, Yogyakarta dan diikuti sekitar 30 UKM Yogyakarta, terbilang sukses mengangkat produk – produk unggulan UKM binaan dari Dinas Koperasi dan UKM DIY yang sudah lolos kurasi oleh tim kreatif Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia.

Untuk ikut naik kelas bersanding dengan produk – produk dari anggota Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama yang memang sudah berorientasi pasar ekspor.

Selain itu Gelaran Kopimekers Expo 2022 juga mampu menghasilkan lebih dari 500 karya fotografi dari sekitar 80 fotografer yang mengikuti perlombaan memotret Model dengan membawa produk UKM anggota Koperasi pemasaran Formekers Kriya Utama dan UKM binaan dinas Koperasi dan UKM DIY (Photo Contest).

Hal itu disampaikan oleh Itock Van Diera, bidang kreatif Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia kepada awak media di sela – sela acara pengumuman lomba Photo Contest pada Minggu (4/12/2022) di Galeria Mall Yogyakarta.

“Konsep dasar acara Kopimekers Expo 2022 ini sebenarnya diambil dari moto Kopimekers yang sudah sering dilakukan oleh Formekers di berbagai acara Kopimekers, ngopi bareng Formekers yaitu Talk, Listen, Share (Berbicara, Mendengarkan dan Berbagi),” ujar Itock.

“Disini ada edukasi, hiburan musik, Coffee Bar, Dialog tentang fotografi Desain Produk, Dialog Radio Si – Dilan (Sibakul Jajah Milangkori) Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama dengan Paniradya Keistimewaan DIY dengan dukungan radio Geronimo,” ungkap Itock.

“Ada juga Coaching Clinic yang diampu oleh para profesional pelaku usaha Formekers yang siap berbagi ilmu mereka pada para UKM yang ingin naik kelas serta pengunjung, lomba fotografi dengan model dan produk dari peserta pameran dan yang tidak kalah penting adalah transaksi penjualan produk,” tambahnya.

Yang paling menarik di Kopimekers Expo 2022 ini adalah bisa bertemu dan bersilaturahminya antara produk UKM yang satu dengan lainnya dan dipadu dengan para model cantik dalam balutan lomba fotografi dan tampilan pameran produk yang berkualitas.

“Penempatan Silaturahmi Antar Produk inilah yang menjadi kunci pada gelaran Kopimekers Expo 2022 kali ini,” imbuh Itock sambil tersenyum.

Sementara itu Ketua Panitia Acara Kopimekers Expo 2022, Sofian Tahir juga menyampaikan bahwa ajang Kopimekers Expo 2022 ini didukung oleh Dana Keistimewaan Yogyakarta melalui dinas koperasi dan UKM DIY dengan program SiBakul Jogja.

Salah satu karya fotografi pemenang foto Kontes Kopimekers Expo 2022 – (Foto: Rahmad Soemardi/JurnalNusantara.net)

“Selain foto kontes, sebelumnya pada 1 Desember kami juga mengadakan talkshow seputar fotografi dan desain produk oleh Misbachul Munir seorang fotografer profesional bersama Itock Van Diera tim kreatif kami yang dipandu host Imam Baskara,” ujar Sofian, Minggu (4/12/2022) disela acara.

“Khusus acara lomba foto kontes ini hasil kerjasama Kopimekers Expo 2022 dengan Gudang Digital Jogja, dan juga para sponsor pendukung diantaranya Hotel Neo Malioboro, Dayang Coffee, Waterboom Jogja, Tashinda, Palem Craft, Clueless dan Bank BNI,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Sofian juga mengucapkan selamat kepada para pemenang Foto Kontes yang baru saja diumumkan oleh tim juri yang terdiri dari dari Formekers Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM DIY, dan Gudang Digital dalam melakukan penilaian hasil lomba yang keputusannya tidak dapat diganggu gugat.

“Saya selaku ketua panitia Kopimekers Expo 2022 mewakili Koperasi Formekers Kriya Utama, Formekers Indonesia, Gudang Digital dan juga Dinas Koperasi dan UKM DIY mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba foto kontes yaitu Arif Cahyanto @arifbcahyanto Juara 1, Tino @tn0491 juara 2 dan Alvin @7ustalvin judul foto “Under the Spotlight” sebagai juara ke 3,” ucapnya.

“Hasil karya lomba foto Kopimekers Expo 2022 yang sudah menjadi hak panitia ini ke depannya akan kami jadikan program branding dalam memasarkan produk – produk unggulan UKM Jogja khususnya anggota Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama dan UKM binaan DiskopUKM DIY dan harapan saya KOPIMEKERS EXPO 2022 ini bisa masuk jadi kalender tetap tahunan pameran di DIY,” pungkasnya. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru