Thursday, February 2, 2023
Jurnal Nusantara
HomeEkonomi & BisnisTunjukkan Kinerja Sektor KUMKM, Dinas Koperasi dan UKM DIY Gelar Semarak SiBakul...

Tunjukkan Kinerja Sektor KUMKM, Dinas Koperasi dan UKM DIY Gelar Semarak SiBakul Jogja 2022

JURNALNUSANTARA.NET – Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY menggelar acara Semarak (Semangat Maju Gerak) SiBakul Tahun 2022 dengan mengusung tema “Quo Vadis Koperasi dan UKM untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan,” pada Selasa (6/12/2022) di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Acara Semarak SiBakul Jogja 2022 yang digelar di Karaton Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta bertujuan sebagai potret pertanggungjawaban urusan wajib kepada publik dan akuntabilitas kinerja sektor Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM).

Turut hadir dalam acara tersebut Rully Nuryanto, SE., M.Si., Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro KEMENKOPUKM mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, Plt Asisten Sekda DIY mewakili Gubernur DIY, Tri Saktiyana Pj. Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.M.A. Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Perwakilan UGM, UNY, ISI Yogyakarta, Para Kepala OPD, Perbankan, Asosiasi, Komunitas, UMKM serta para awak media.

Kolaborasi dan Sinergitas Pentahelix untuk UKM naik kelas – (Foto: Rahmad Soemardi/JurnalNusantara.net)

Kadiskop dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi menjelaskan bahwa SiBakul Jogja (Sistem Informasi Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta) adalah merupakan bentuk digitalisasi model Pembinaan Sirkular DISKOP UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Tema yang kami usung dalam acara Semarak Sibakul ini memang agak menakutkan “Quo Vadis Koperasi dan UKM untuk transformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan maksudnya mau dibawa kemana koperasi dan UKM terutama yang di DIY ini kedepannya,” ujar Siwi dalam sambutannya dihadapan seluruh tamu undangan Selasa (6/12/2022).

“Sepanjang tahun 2022, SiBakul Jogja telah berperan dalam mendorong upaya revitalisasi tatakelola bisnis KUMKM dan pengembangan SiBakul Jogja yang dilakukan terus – menerus membuktikan bahwa sinergisitas pentahelik merupakan suatu keniscayaan,” paparnya.

Semarak SiBakul Jogja 2022 menyajikan beberapa sajian rangkaian acara antara lain penyerahan penghargaan bagi wirausaha produktif melalui inkubasi bisnis dan pengembangan wirausaha berbasis desa, penyerahan simbolis sertifikasi halal, PIRT, izin edar, dan Merk Dagang bagi UKM, penyerahan Simbolis KUR oleh BPD DIY, BRI, BNI dan Bank Mandiri kepada para UMKM, penyerahan simbolis CSR antara BPD DIY dengan Pemerintah Daerah DIY dan penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat, ISI, serta UNY.

“SEMARAK SIBAKUL 2022 digelar sebagai bagian dari refleksi atas pelaksanaan kegiatan bidang KUMKM secara menyeluruh. Sekaligus didalamnya sebagai ajang kolaborasi dan sinergi bersama antara Pemda DIY dengan pihak-pihak yang memiliki kompetensi dalam memajukan dan membangkitkan KUMKM. Saatnya KUMKM Bangkit agar impian KUMKM Naik Kelas bisa terwujud secara berkelanjutan,” pungkas Siwi. (Rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru