Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeNasionalHaedar: Muhammadiyah Hadir untuk Semua

Haedar: Muhammadiyah Hadir untuk Semua

JURNALNUSANTARA.NET – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir lawatan ke Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 7-8 September 2022.

Agenda di Kupang antara lain yakni meresmikan selesainya program pengolahan sumbermata air untuk penduduk Tliu yang asalnya kekeringan dan tidak memiliki sumbermata air. Kemudian meresmikan Masjid Ahmad Dahlan serta dua gedung megah tujuh lantai dan enam lantai Universitas Muhammadiyah Kupang.

“Sungguh bangga dan tasyakur atas kemajuan UM Kupang, PTM yang mayoritas mahasiswanya saudara kami Katholik dan Kristen yang menyatu dengan saudara-saudaranya yang Muslim tanpa sekat,” ucap Haedar.

Juga dengan kehadiran para tokoh adat dan wakil warga Tliu di mana Muhammadiyah hadir di sana membangun sekolah, panti asuhan, buka lahan bertani, dan kini dengan teknologi dapat membuat dan mengolah sumber mata air yang memang sangat dibutuhkan oleh penduduk yang selama ini langka di sana.

“Muhammadiyah hadir untuk semua,” tegas Haedar.

Ketika meresmikan sumber air bersih bagi warga Desa Tliu, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT Haedar berpesan bahwa air merupakan sumber kehidupan dan kepada siapa saja memiliki kewajiban untuk merawat dan menjaganya.

“Sebagai khalifah di muka bumi, manusia memang diperintahkan untuk mengelola bumi, akan tetapi harus berlandaskan kerahmatan,” tegas Haedar.

Manusia tidak boleh berlaku ugal-ugalan dengan mengeksploitasi alam. Alam sebagai penyedia ari bersih bagi kehidupan harus dijaga dan dilestarikan.

“Air adalah sumber kehidupan, tahun 2015 kami memulai dengan gerakan menanam bumi dan melihat masalah utama kekeringan yang melanda,” tutur Haedar. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru