Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahKemenag DIY Siap ‘Roadshow’ Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY

Kemenag DIY Siap ‘Roadshow’ Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY

JURNALNUSANTARA.NET — Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY akan menggelar ‘road show’ Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY. “Kegiatan ini untuk mensosialisasikan Moderasi Beragama terutama bagi siswa sekolah umum, yakni mengajak untuk memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebihan saat mengimplementasikannya,” ungkap Kakanwil Kemenag DIY Dr. Masmin Afif, Minggu (6/11/2022).

“Kegiatan sosialisasi akan dimulai pada 9 November 2022 di SMAN 2 Wates, lalu 10 November 2022 di SMKN 1 Girimulyo Kulon Progo, lanjut 11 November 2022 di SMAN 10 Yogyakarta dan SMKN 7 Yogyakarta,” jelas Masmin.

Dijelaskannya, Sosialisasi Pengelolaan Moderasi Beragama ini merupakan bagian Proyek Perubahan yang diusung dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXII Tahun 2022.

“Proyek Perubahan ini mengejawantahkan RPJMN 2020-2024 tentang Penguatan Moderasi Beragama yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 dan Perpres Nomor 83 Tahun 2015 tentang Kementerian Agama mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara,” jelas Kakanwil.

Proyek Perubahan ini juga telah didukung penuh jajaran Pemda DIY, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY dan Kabupaten/Kota, Kankemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah SMA/SMK Percontohan.

“Harapannya sejalan dengan Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Sinau Pancasila dan Sinau Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Pihaknya juga memiliki tekad agar Proyek Perubahan ini nantinya dapat direplikasi ke seluruh wilayah di Indonesia. Selain roadshow ke SMA-SMK Percontohan, pentahapan (milestone) Proyek Perubahan ini akan berlanjut jangka menengah yakni Desember 2022 hingga Juni 2023 dan jangka panjang yang akan dimulai Juli 2023-Juli 2024. (*/fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru