Thursday, June 13, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahKopimekers Expo 2023, Inspirasi Bisnis Mebel Kerajinan dan Seni Dalam Balutan Kopi...

Kopimekers Expo 2023, Inspirasi Bisnis Mebel Kerajinan dan Seni Dalam Balutan Kopi dan Kreativitas

JURNALNUSANTARA.NET – Dalam upaya mendorong dan membangun semangat serta kapasitas pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta, Forum Mebel Kerajinan dan Seni (FORMEKERS) Indonesia meluncurkan KOPIMEKERS EXPO 2023 dengan tema “ Beauty Inspire”, tersaji selama empat hari dari tanggal 2 hingga 5 November 2023 di Atrium Galeria Mall Yogyakarta.

Kopimekers Expo 2023, diadakan oleh Formekers Indonesia bersama Koperasi Pemasarannya dengan dukungan Dana Keistimewaan melalui program SiBakul Jogja DISKOP UKM DIY yang memiliki misi utama untuk menyebarkan nilai-nilai yang dimiliki Formekers dan memberikan inspirasi serta motivasi kepada masyarakat tentang bagaimana membangun bisnis mebel, kerajinan, dan seni yang berkelanjutan.

Ir. Srie Nurkyatsiwi, MMA., Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY membuka langsung Kopimekers Expo 2023 di Atrium Galeria Mall Jogja, didampingi oleh Paniradya Pati Keistimewaan DIY, Aris Eko Nugroho, Ketua Fomekers Indonesia Johni Sahlan, dan Ketua Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan pada Kamis (2/11/2023).

Ajang ini selain menjadi wadah promosi produk – produk industri kreatif unggulan anggota Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama juga menjadi wadah untuk berdialog dan berdiskusi tentang berbagai isu dan topik menarik seperti pasar ekspor, prediksi ekonomi, desain produk, fotografi, fashion, kuliner, seni, budaya dan masih banyak lagi.

“Kopimekers Expo 2023 ini bukan sekedar pameran biasa, melainkan sebuah edukasi yang dibalut dalam sebuah eksebisi bisnis,” kata Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, di sela acara pembukaan.

“Acara ini akan mengusung nilai kerjasama, manajemen yang baik, ketekunan, dan inovasi bisnis, serta kolaborasi berkelanjutan karena kita pemerintah tidak bisa melaksanakan kegiatan sendiri harus bergandengan tangan dengan komunitas seperti Formekers ini,” tambahnya.

Sementara itu Aris Eko Nugroho, Paniradya Pati Keistimewaan DIY menyampaikan bahwa Yogyakarta memiliki banyak sekali ide kreatif seperti Kopimekers Expo 2023 bersama FORMEKERS dan DISKOP UKM DIY. Kegiatan tersebut membutuhkan kerjasama pelaksanaan aktifitas program yang nantinya kegiatan – kegiatan lanjutan pun bisa dilaksanakan ke depannya setelah melalui evaluasi.

Menurut Johni Sahlan, Ketua Formekers Indonesia, Kopimekers Expo 2023 mendapat dukungan penuh dari Dana Keistimewaan Yoyakarta melalui Dinas Koperasi dan UKM DIY dan dikuti sekitar 30 peserta dari UKM anggota Koperasi Formekers, Tiga Perguruan Tinggi yaitu STARS YKPN, ISI Yogyakarta dan UPN Yogyakarta serta 2 UKM dari YAKKUM dan Komunitas Difabel Muhammadiyah.

Acara kolaborasi ini menampilkan berbagai kegiatan menarik, termasuk pameran produk unggulan anggota koperasi Formekers Kriya Utama (FKU) dan UKM binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY, talkshow bisnis yang dipandu oleh Radio Geronimo FM tentang Koperasi Milenial, Perempuan Dan Kopi.

Selain itu para fotografer profesional juga akan dimanjakan dengan Lomba Fotografi model dan produk. Para wanita akan mendapatkan inspirasi kecantikan melalui Beauty Class by Wardah, Tutorial Berkain dan Pembuatan Macrame serta hiburan musik.

Puncak acara Kopimekers Expo 2023 akan ditutup dengan pementasan Wayang Brayut dari Formekers oleh ki dalang Hangno Hartono dengan lakon “Menebar Keindahan”, Pengumuman dan Pembagian hadiah Lomba Fotografi serta pemenang lomba konten Video pada Program Formekers Goes To Campus #1. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru