Thursday, June 13, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahLaguna  Depok Jogja  Jadi Ajang Wisata Ekstrim Atlit Asing  Di International Kitesurfing...

Laguna  Depok Jogja  Jadi Ajang Wisata Ekstrim Atlit Asing  Di International Kitesurfing Exhibition 2023

JURNALNUSANTARA.NET – Laguna Pantai Depok Jogja, yang sebelumnya lebih dikenal sebagai tempat wisata udara yang tenang dan pemandangan indah, telah bertransformasi menjadi tempat yang tak hanya memukau mata, namun juga menguji adrenalin. International Kitesurfing Exhibition 2023 yang akan digelar 26 – 27 Agustus 2023  menjadi panggung bagi atlet-atlet kitesurfing dari lokal dan mancanegara untuk memamerkan kemampuan mereka dalam mengendalikan papan selancar sambil ditarik oleh layar raksasa.

Dengan angin yang kuat dan ombak yang pas, Laguna Depok dan pantai Parangtitis akan  memberikan tantangan tersendiri bagi para atlit Kitesurfing dari Rusia, Lithuania, Belanda dan Inggris yang akan turut hadir menguji langsung  kawasan tersebut apakah memang  benar – benar layak menjadi salah satu sport tourism bahari internasional di pulau Jawa.

Ketua Jogja Kitesurfing Club Indonesia, Ir. Arif Effendi yang juga ketua penyelenggara International Kitesurfing Exhibition 2023 menjelaskan  bahwa  gelaran ajang tersebut merupakan bagian rangkaian acara grand opening Aplikasi Jogja Carnival dalam hal Atraksi Wisata.

“Event kali ini akan jadi ajang pembuktian bagi turis asing penghobi olahraga ekstrim Kitesurfing bahwa Laguna Depok nantinya layak jadi destinasi wisata unggulan ektrim sport tourism bahari satu satunya di Jawa,” ungkap Arif yang juga ketua Jogja Aero Sport Club  di Sky Lounge Royal Malioboro Hotel pada Kamis (24/08/2023).

“Kita mulai kenalkan olahraga air minat khusus extrim yang disukai orang asing pertama di pulau Jawa ini sambil memunculkan potensi Laguna Pantai Depok dan pantai selatan Yogyakarta yang sangat baik untuk kitesurfing sehingga jadi daya tarik,  bisa menambah lama waktu tinggal   wisatawan asing dan wisatawan nusantara,” imbuhnya.

Menurut Arif yang juga Wakil Ketua Umum Kadin DIY Bidang Pariwisata, kegiatan Kitesurfing di Laguna Depok dapat membangkitkan ekonomi pariwisata dan ke depannya Kitesurfing bisa menjadi olahraga  prestasi di Indonesia.

Selain itu Laguna Pantai Depok  dapat menjadi tempat belajar dan bermain kitesurfing yang menyenangkan sehingga memunculkan dampak multiplier efek  yang sangat positif.

Penyelenggaraan acara Kitesurfing Exhibition 2023 kali ini didukung oleh Dinas Pariwisata DIY, Dinas Pariwisata Bantul, PHRI DIY, ASITA, Dinas Koperasi UKM Bantul dan industri Bantul serta para pecinta olah raga ektrim yang tergabung dalam Jogja Kitesurfing Club Indonesia.

Tidak hanya para atlet dan penonton yang merasakan manfaat dari International Kitesurfing Exhibition di Laguna Depok Jogja, tetapi juga bagi industri pariwisata setempat. Acara ini juga akan diramaikan dengan Jogja Kitesurfing Photo Competition yang  memperebutkan total hadiah 6 Juta rupiah dan terbuka untuk masyarakat umum. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru