Saturday, April 20, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahPemkot Kota Yogyakarta Gelar J-Tugu Agro Expo, Geliatkan Yogyakarta Selatan

Pemkot Kota Yogyakarta Gelar J-Tugu Agro Expo, Geliatkan Yogyakarta Selatan

JURNALNUSANTARA.NET – Pameran potensi agro Kota Yogyakarta bertajuk J-Tugu Agro Expo diselenggarakan di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta, Jalan Bantul, Mantrijeron pada 21-23 Juli 2023.

Selain mempromosikan produk agro, pameran ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta untuk menggeliatkan Yogyakarta selatan, terutama memanfaatkan keberadaan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta. Lokasi Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta sendiri berada di sisi barat Pasthy.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono, mengapresiasi Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta yang mengadakan J-Tugu Agro Expo.

Kadri mengatakan, selama 3 hari kegiatan J-Tugu Agro Expo adalah upaya Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta dalam mengoptimalkan sumber daya dari komunitas ikan dan kelompok tani, serta memaksimalkan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta.

“Ini bagian¬†dari kita mengembangkan Yogyakarta selatan. Kita perlu banyak mengadakan acara di Yogyakarta selatan yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Kadri usai membuka J-Tugu Agro Expo di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta, Jumat 21 Juli 2023.

Menurutnya, kawasan Yogyakarta selatan di Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta yang lokasinya bersebelahan dengan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy) sudah relatif terbentuk geliat masyarakat.

“Diharapkan kegiatan J-Tugu Agro Expo itu tidak berhenti diadakan sekali saja, sehingga menjadi daya tarik dan kawasan itu bisa ramai serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutur Kadri.

“Saya kira kawasan ini sudah relatif terbentuk. Tinggal memelihara kemudian meningkatkan saja. Kalau dua hal itu bisa dilakukan insya Allah tetesan (manfaat) ke kanan kiri masyarakat akan lebih maksimal pula,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta, Suyana mengatakan, kegiatan J-Tugu Agro Expo adalah salah satu bagian untuk menghidupkan Sub Raiser Ikan Hias Yogyakarta.

Pihaknya bersama komunitas ikan dan kelompok tani akan mencoba mengadakan J-Tugu Agro Expo secara rutin untuk mempromosikan produk agro Yogyakarta seperti ikan, tanaman serta olahannya.

“Makanya kita buatkan yang semi permanen, yang kita manfaatkan setiap Jumat Sabtu Minggu untuk membuka usaha di sini. Ini bukan pasar atau kios, ini adalah fasilitas yang diberikan pemkot untuk membuka hasil produk ikan, sayuran dan tanaman hias,” jelas Suyana.

Total ada 32 stan yang dipamerkan dalam J-Tugu Agro Expo seperti ikan hias, ikan konsumsi, produk olahan ikan, potensi pertanian dan hortikultura serta olahan pangan lokal.

Kegiatan melibatkan komunitas ikan hias seperti komunitas guppy, koki, predator, beta, kelompok pengolahan dan pemasaran hasil perikanan serta ikan segar. J-Tugu Agro Expo 2023 juga akan dimeriahkan dengan kontes ikan guppy.

Sedangkan potensi pertanian yang tampil dalam J-Tugu Agro Expo misalnya tanaman buah dalam pot (tabulampot) seperti kelengkeng, jeruk dan mangga.

Salah satu yang menarik adalah tabulampot Mangga Mahatir yang memiliki ukuran jumbo. Suyana menyebut dengan satu buah mangga Mahatir bisa mencapai bobot 2,5 kilogram.

Kegiatan J-Tugu Agro Expo itu dibuka untuk masyarakat umum dan gratis. Masyarakat bisa datang dan membeli berbagai produk agro yang menarik di pameran tersebut. (dew)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru