Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeNasionalPengembangan Keterampilan Digital di Seluruh Indonesia

Pengembangan Keterampilan Digital di Seluruh Indonesia

JURNALNUSANTARA.NET – Menurut studi Kementerian TIK, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital berketerampilan tinggi pada tahun 2035, dengan spesialisasi di bidang AI, Big Data, Cloud Computing, Coding, Augmented Reality, Virtual Reality, dan Cyber Security.

Memenuhi permintaan akan lebih banyak keterampilan digital untuk mempercepat transformasi Indonesia, Telkom juga bekerja sama dengan AWS dalam membuat program pelatihan dan sertifikasi yang berfokus pada pengembangan keterampilan cloud dan inovasi.

AWS bekerja sama dengan organisasi Indonesia untuk membantu meruntuhkan hambatan guna membantu memecahkan tantangan keterampilan dan telah melatih lebih dari 300 ribu individu di Indonesia dengan keterampilan cloud sejak 2017.

Mempersiapkan generasi profesional berikutnya untuk karir cloud dan untuk membangun beragam talenta tingkat pemula ke dalam angkatan kerja, AWS berkolaborasi dengan lembaga pendidikan tinggi, organisasi nirlaba, organisasi pengembangan tenaga kerja, pemerintah, dan pengusaha, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dan Dicoding, perusahaan rintisan pendidikan teknologi lokal pada berbagai program peningkatan keterampilan digital.

AWS juga menawarkan lebih dari 500 kursus pelatihan digital gratis, tersedia bagi siapa saja yang ingin belajar dan memiliki koneksi internet, dengan lebih dari 200 kursus tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Seremoni penandatanganan AWS dengan Telkom menunjukkan komitmen AWS untuk mendukung Indonesia bertransformasi secara digital.

Dikatakan Gunawan Susanto, Country Manager Indonesia AWS, AWS tetap fokus untuk mendukung pelanggan dan mitra di Indonesia. “Dengan terus membangun komunitas mitra yang kuat, mendukung pelanggan baru menggunakan AWS, memperkenalkan lebih banyak produk dan layanan kepada pelanggan kami, dan membantu membangun kumpulan talenta digital yang kuat di kawasan ini,” tambah Gunawan Susanto, Selasa (6/9/2022).

Kerja sama antara Telkom dengan AWS ini merupakan bagian dari upaya Telkom mendukung ekonomi digital Indonesia untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045 yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru