Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomePendidikanTAP Dukung Aplikasi Berbasis Digital Gratis Bagi Seluruh Sekolah...

TAP Dukung Aplikasi Berbasis Digital Gratis Bagi Seluruh Sekolah Muhammadiyah Kapanewon Mlati

JURNALNUSANTARA.NET – Troya Academic Platform (TAP) yang merupakan sebuah aplikasi berbasis digital berisi Perpustakaan Digital, Portal Informasi Sekolah dan Wahana Sosialiasi siap mendukung seluruh sekolah Muhammadiyah di Kapanewon Mlati, Sleman, DIY menggunakan aplikasinya secara gratis.

Hal itu terungkap dalam acara FORSAMI (Forum Silaturahmi ) Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) PCM Mlati Sleman yang dihadiri oleh Wakil Ketua PCM Mlati H. Moch. Komaruddin, Para Kepala Sekolah dan perwakilan pendidik mulai dari TK, ABA/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK Muhammadiyah se kapanewon Mlati pada Kamis (25/08/2022) siang.

Acara yang berlangsung di Aula SMP MUH 3 Mlati, Cebongan, Tlogoadi, Mlati, Sleman itu dihadiri pula Direktur PT. Troya Digital yang beralamat di Trihanggo, Gamping, Sleman, Yodan Pranata beserta tim dengan penyampaian materi sosialisasi digitalisasi sekolah.

Yodan menjelaskan bahwa Visi Progam digitalisasi aplikasi TAP ini sebetulnya ingin membantu pemerataan kualitas dan akses pendidikan di seluruh penjuru negeri, karena potensi peserta didik kita yang luar biasa banyak dan dengan aplikasi TAP ini dari ujung – keujung pelosok Indonesia dapat memiliki kualitas dan hak akses yang sama, jelasnya.

“Untuk platform digitalisasi sekolah ini kita menggabungkan tiga fungsi, perpustakaan digital, sistem informasi akademik dan sosial media khusus untuk sekolah dan peserta didik,” paparnya.

Yodan menambahkan bahwa pemberian aplikasi khusus TK, SD, SMP, SMA dan SMK Muhammadiyah Mlati ini diberikan secara gratis selain itu juga langsung dibuatkan aplikasi untuk masing – masing sekolah.

“Kita melihat bahwa Muhammadiyah ini dari karakteristik membawa sisi agama tetapi tetap memiliki visi yang global dan itu sejalan dengan Visi kami bagaimana kita ingin turut andil dalam membuat peserta didik yang tetap berkarakter, agamis tetapi tetap memiliki visi yang global,“ ungkapnya.

Yodan berharap bahwa aplikasi TAP dapat turut membantu pemerataan kualitas dan akses pendidikan dan saat ini sudah 14 propinsi di Indonesia yang menggunakannya dan mulai kita galakkan dari Jogja untuk Indonesia.

Kepala Sekolah SMP MUH 3 Mlati Sleman, Yulia Rahmawati mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk sekolah di era digital saat ini sehingga memang perlu sekali untuk sekolah mengembangkan digitalisasi terutama kaitannya dengan literasi perpustakaan.

“ Apa yang sudah dilakukan oleh Troya ini akan sangat bermanfaat apalagi berbagai fitur yang disediakan itu ternyata memang keren – keren dan juga disediakan secara gratis,” katanya.

Selama ini di SMP Muhammadiyah 3 Mlati program digitalilasinya hanya terkait dengan website dan pengelolaan data siswa tetapi belum sampai pada pengelolaan perpustakaan,

“Memang kami ada rencana untuk kedepannya digitalisasi perpustakaan dan mencari sumber – sumber referensi sehingga hari ini pas kok ada tim Troya sosialisasi tentang digitalisasi perpustakaan dan itu menjadi sesuatu tawaran yang menarik bagi kami,” ungkap Yulia.

Yulia berharap bahwa dengan dukungan aplikasi TAP berbasis digital ini dapat membantu para pendidik dalam mengelola dan membiasakan peserta didik berliterasi khususnya untuk perpustakaan.

Selain untuk mengembangkan kompetensi digital pada anak maupun guru, kedepannya sekolah tidak hanya unggul secara karakter, secara akademik namun juga mempunyai ketrampilan digital, harapnya. (Rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru