Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeRagamDalang Cilik SD Banyuripan, Meriahkan Festival Literasi Bantul

Dalang Cilik SD Banyuripan, Meriahkan Festival Literasi Bantul

JURNALNUSANTARA.NET – Ada yang menarik dari kegiatan Festival Literasi yang dihelat Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bantul pada 25-26 Oktober 2022 di komplek aula Dikpora Kabupaten Bantul. Yaitu penampilan dalang cilik, Setyajid Kelud Sasongko, dari SD Negeri Banyuripan, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

Dengan lincah, bocah kelas 1 SD tersebut membawakan lakon “Sang Gatotkaca”. Tampilan Kelud, panggilan akrabnya, membuat pengunjung berdecak kagum. Ada pula yang memberi saweran sebagai apresiasi atas tampilan sang dalang cilik.

Mengusung tema “Literasi Menuju Generasi Cerdas dan Berbudaya” kegiatan peringatan Bulan Bahasa ini ini diikuti jenjang TK, SD dan SMP dari 17 kapanewon se-Kabupaten Bantul. Selain berbagai lomba dan penampilan seni, dihadirkan pula stand literasi.

SD Negeri Banyuripan sebagai sekolah yang sudah mengembangkan proses pembelajaran berbasis literasi sejak tahun 2018, berkesempatan mewakili Kapanewon Kasihan, membuka stand literasi.

Buku-buku karya siswa, lukisan, batik dan produk inovasi pembelajaran kreatif yang menjadi ciri khas SD Negeri Banyuripan, dipamerkan di stand dan mendapat apresiasi positif dari pengunjung.

“Wah, model pembelajaran seperti ini sangat menarik bagi siswa dan ini bisa menjadi referensi pembelajaran buat kami,” ujar Sinta, pengunjung stand yang juga seorang guru Sekolah Dasar.

Selain itu, untuk menyemarakkan kegiatan tersebut, SD Negeri Banyuripan juga berpartisipasi menampilkan kelas menulis kreatif, kelas melukis, read aloud (membaca nyaring) dan pentas dolanan anak.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan siswa sekolah lain. “Aku senang bisa ikut belajar dan dibacakan buku cerita yang menarik seperti ini,” tambah Ayu, salah satu siswa.

Disampaikan Drs Sumar selaku Kepala SD Negeri Banyuripan sekolah harus mengapresiasi dan memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mengembangkan potensinya di segala bidang.

“Ajang ini juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan keberadaan SD Negeri Banyuripan secara luas,” kata Sumar ramah, Selasa (1/11/2022). (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru