Thursday, May 23, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahDelegasi IKM Magetan Sambangi Gerai Decomekers Jogja, Optimalisasi Rumah Promosi Magetan

Delegasi IKM Magetan Sambangi Gerai Decomekers Jogja, Optimalisasi Rumah Promosi Magetan

JURNALNUSANTARA.NET – Sembilan pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kabupaten Magetan, Jawa Timur, bersama dengan dua pendamping IKM, yakni Kepala Bidang Industri Pangan, Kulit, Hasil Hutan Dan Kerajinan Disperindag Magetan, Darmaji, beserta stafnya, melaksanakan kunjungan studi banding yang sangat berarti ke Gerai Decomekers di Lt. 2 Galeria Mall, Jl. Jenderal Sudirman, Yogyakarta pada Sabtu (28/10/2023).

Gerai Decomekers dikenal sebagai pusat promosi dan pemasaran produk para anggota Forum Mebel Kerajinan Dan Seni (FORMEKERS) Indonesia melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama yang berfokus pada pasar ekspor dan menjadi laboratorium edukasi publik.

Maksud dari kunjungan tersebut adalah untuk menimba ilmu dan wawasan yang akan digunakan dalam upaya pengembangan dan optimalisasi rumah Promosi Magetan (RPM), Jawa Timur.
Rumah promosi tersebut akan menjadi tempat strategis untuk memajukan produk-produk lokal IKM Magetan dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Gerai Decomekers Jogja sendiri telah terbukti sukses dalam memasarkan produk-produk dari para anggota koperasi Formekers Kriya Utama, yang sebagian besar berfokus pada industri funiture, kerajinan dan seni rupa. Mereka telah berhasil menjalankan berbagai inisiatif untuk meningkatkan pemasaran produk secara lokal dan internasional.

Kunjungan ini memberikan kesempatan bagi para pelaku IKM Magetan dan tim pendamping untuk memahami lebih lanjut praktik terbaik dalam hal promosi produk, strategi pemasaran, manajemen koperasi, serta aspek-aspek lain yang relevan dalam mendukung perkembangan industri kecil dan menengah di wilayah Magetan.

Selama kunjungan tersebut, para peserta berkesempatan untuk berdiskusi santai sambil menikmati secangkir kopi produk Kopimekers. Agung Wicaksono, Dosen Pendamping LPPM ISI Yogyakarta yang menginisiasi kegiatan tesebut mengampu langsung acara itu didampingi oleh Itock Vandiera, Sofian Tahir dan Rahmad dari Tim Koperasi Dan Decomekers serta Arif Effendi, Pegiat Pariwisata Jogja.

Mereka bertukar pengalaman, dan melihat secara langsung bagaimana operasional Gerai Decomekers Jogja berjalan. Kunjungan ini diharapkan akan memberikan dorongan positif dalam upaya pengembangan Rumah Promosi Magetan dan memajukan industri kecil dan menengah di daerah tersebut.

Darmaji, Kabid Industri Pangan, Kulit, Hasil Hutan Dan Kerajinan Disperindag Magetan, menyampaikan, “Kami sangat berharap bahwa kunjungan ini akan membawa manfaat besar bagi para pelaku IKM kami di Magetan,” ungkapnya.

“Dengan memperluas wawasan dan pengetahuan mereka tentang strategi pemasaran dan promosi produk, kami berharap dapat meningkatkan potensi ekonomi daerah melalui pengembangan IKM yang lebih kompetitif khususnya produk- produk yang ada di Rumah Promosi Magetan,” tambah Darmaji.

Kunjungan ini menunjukkan upaya serius dari pemerintah daerah Magetan dalam mendukung pertumbuhan IKM dan memajukan ekonomi lokal. Dengan semangat yang sama, para pelaku IKM Magetan berharap dapat menerapkan pembelajaran ini dalam upaya mereka untuk memajukan rumah promosi dan mengangkat produk-produk lokal ke tingkat nasional dan internasional. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru