Thursday, February 2, 2023
Jurnal Nusantara
HomeDaerahDorong Wisata Dirgantara Jogja, UGM Terima Hibah 5 Pesawat Microlight Trike dari...

Dorong Wisata Dirgantara Jogja, UGM Terima Hibah 5 Pesawat Microlight Trike dari Kementerian LHK

JURNALNUSANTARA.NET – Dalam rangka mendorong pengembangan usaha sektor wisata dirgantara yang meliputi pendidikan, penelitian dan olahraga, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menerima hibah 5 pesawat Microligt Trike dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada acara Dies Natalis UGM ke 73, Senin (19/12/ 2022) bertempat Gedung Grha Sabha Pramana UGM.

Hal itu terungkap melalui melalui pesan aplikasi whatsApp yang disampaikan oleh Ir. Budi Setiyono, MM. ketua Alumni Menwa UGM (KAMENWAGA), pensiunan mantan Kepala Biro Pengawasan Internal Perhutani Wil. Jawa Timur yang juga merupakan pecinta olahraga dirgantara pada Kamis (22/12/2022).

Budi Setiyono mengungkapkan, bahwa Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK) memiliki 14 pesawat Microlight Trike yang sudah tidak dipergunakan lagi untuk Pemetaan, Pengukuran, Pemantauan Batas kawasan serta survey fungsi kawasan karena fungsinya saat ini sudah digantikan dengan alat Drone.

“Saat itu saya bertemu dengan Dirjen PKTL (Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan) pada Kementerian LHK, Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc, beliau memberikan info bahwa KLHK punya 14 pesawat Microlight Trike yang sudah tidak terpakai lagi dan digantikan fungsinya dengan Drone,” ungkapnya.

“Kami lakukan diskusi dengan Pak Dirjen dan penjajagan dengan UGM mengenai kemungkinan penggunaan pesawat Trike itu oleh UGM dalam bentuk hibah sesuai prosedur oleh Kementerian Keuangan,” Imbuh Budi.

Budi memaparkan bahwa selanjutnya mereka menghadap Rektor UGM yang pada saat itu dijabat oleh Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng. dan diminta untuk menemui Dr. Gesang Nugroho (Pembina Gama Force) dosen Fak. Teknik Mesin, serta berkoordinasi dengan bagian kerjasama dan hubungan Luar Negeri UGM (Dr. Puji Astiti, S.Si.,M.Sc., Apt.).

Para Pecinta Olahraga Dirgantara Jogja bersama pejabat TNI AU – (Foto: dok.UGM)

“Akhirnya kami bisa menerima hibah 5 pesawat itu yang diserahkan secara seremonial pada saat acara Dies Natalis UGM ke 73 tanggal 19 Desember 2022 di Gedung Grha Sabha Pramana UGM,” katanya.

Hadir dalam kesempatan acara seremonial hibah itu para pejabat Lingkup UGM, Kapuspotdirga (Kepala Pusat Potensi Dirgantara TNI AU) Marsekal Pertama Fajar Adriyanto, M.B.A., M.Si (Han), Danlanud Adisutjipto, yg diwakili oleh Kasibinpotdirga, rombongan Dirjen PKTL KLHK, Wakil Rektor UGM bidang Kerjasama, Ketua Umum KAMENWAGAMA Ir. Budi Setiyono, MM. Perwakilan Fak.Teknik Mesin UGM Dr. Gesang Nugroho, Fak. Geografi Dr. Barandi,Para Alumni UGM yg menggeluti pesawat Microlight Ir. Arif Affendi, Sri Annas Karuniawan, S.Si. serta Para Penerjun Menwa UGM dibawa pimpinan penerjun Senior Tono Junaidi.

“Untuk sementara ke 5 pesawat ditempatkan di Fak. Teknik Mesin 2 unit, Fak. Geografi 2 unit dan 1 unit masih disimpan sementara di Gudang UGM Klebengan (rencana digunakan oleh Alumni Menwa (KAMENWAGAMA) dan informasi dari Lanud Adisutjipto akan menyiapkan lahan untuk hanggar yg ditawarkan kepada UGM untuk pembangunannya,” jelas Budi.

“ Pihak yang akan bertanggung jawab penggunaan 5 pesawat tersebut adalah masing – masing fakultas yang akan menerima dan menggunakan pesawat dimaksud sedangkan pihak UGM dalam hal ini Direktur Kerjasama, Dit Aset dan berbagai pihak internal UGM dan Alumni akan membahas lebih lanjut mengenai operasional pesawat tersebut termasuk Tahubja dengan pihak lain,” pungkasnya. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru