Saturday, February 24, 2024
Jurnal Nusantara
HomeDaerahInspirasi Mahasiswa Yogyakarta dalam "Formekers Goes To Campus #2": Sinergi Antara Kreativitas...

Inspirasi Mahasiswa Yogyakarta dalam “Formekers Goes To Campus #2”: Sinergi Antara Kreativitas Usaha Dan Pendidikan

JURNALNUSANTARA.NET – Dengan keanggotan mencapai 70 pelaku usaha, akademisi, dan penggiat seni, FORMEKERS Indonesia kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap perkembangan dunia pendidikan, khususnya di Yogyakarta melalui energi kreatif dan semangat wirausaha berkumpul dalam acara “Formekers Goes to Campus #2,” yang diselenggarakan pada Sabtu, 25 November 2023, di Gerai Decomekers, Galeria Mall Lantai 2, mengusung topik “Diskusi Creative – Preneur Kewirausahaan Kreatif.”

Kegiatan ini menghadirkan sinergi antara dunia usaha dan dunia pendidikan melalui ajang “sharing knowledge” dan dialog interaktif. Acara yang dipandu oleh Agung Wicaksono dari LPPM ISI Yogyakarta bersama Itock Van Diera, Bidang Kreatif Formekers Indonesia, menampilkan dua nara sumber pelaku usaha inspiratif: Agus Sriyono, atau yang akrab disapa Agus Brengos, pemilik Rupa Datu Estetik Elemen dan Wakil Ketua Pengembangan Program Komite Ekonomi Kreatif Bantul (KEK), serta Ir. M. Faisol, MM, pemilik CV. Pulung Gembol Jati yang juga merupakan anggota Formekers Indonesia.

Acara ini menjadi platform interaktif bagi sekitar 25 mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang mengambil program Kewirausahaan. Didampingi oleh Dony Arsetyasmoro S.Sn., M.Ds., dosen desain interior ISI Yogyakarta, serta pengurus Koperasi Formekers Kriya Utama dan Gerai Decomekers, mereka terlibat dalam dialog tentang kewirausahaan yang menginspirasi, sambil menyeruput secangkir kopi dan menikmati penampilan Adventino Danu dengan permainan alat musik tradisional suku Dayak “Sampe.”

Keunikan acara ini terletak pada kesempatan bagi dua nara sumber pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk berdiskusi tentang keterkaitan dengan kompetensi peserta didik. Harapannya, hal ini akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan sumber daya manusia yang lebih kreatif dan mandiri, siap mendukung perkembangan dunia usaha.

Agus Brengos, pemilik Rupa Datu Estetik Elemen, menyampaikan apresiasinya terhadap program ini, berharap agar “Formekers Goes To Campus” bisa menjadi program berkelanjutan. Ia menambahkan, “Ke depannya, bisa dikembangkan menjadi workshop atau edukasi publik bagi mahasiswa atau calon wirausahawan yang mandiri.”

“Formekers Goes to Campus #2” bukan hanya sekadar acara, melainkan wadah bagi peserta didik untuk lebih memahami komunitas dunia usaha, terutama dalam sektor mebel, kerajinan, dan seni. Melalui kegiatan ini, diharapkan mereka dapat memperluas wawasan terhadap kewirausahaan dan industri kreatif.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memperkuat sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha, meningkatkan kualitas peserta didik, serta mendukung perkembangan industri kerajinan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Reduksi kesenjangan antara lulusan pendidikan dan kebutuhan dunia kerja diharapkan akan menciptakan lapangan kerja yang lebih baik, memotivasi interaksi yang lebih produktif, dan meningkatkan daya saing pasar, baik di dalam maupun luar negeri.

Acara yang berlangsung di Gerai Decomekers, Galeria Mall Lantai 2, akan menjadi awal dari serangkaian kegiatan serupa dengan beberapa perguruan tinggi lain, termasuk kampus UII dan UPN Yogyakarta. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru