Friday, May 24, 2024
Jurnal Nusantara
HomeEkonomi & BisnisJogja Millionaire Race 5 : Tantangan Ekstrem dan Kolaborasi Hebat untuk Peningkatan...

Jogja Millionaire Race 5 : Tantangan Ekstrem dan Kolaborasi Hebat untuk Peningkatan Pariwisata dan Budaya Yogyakarta

JURNALNUSANTARA.NET – Pariwisata bukan hanya sekadar industri tetapi merupakan pilar utama pertumbuhan ekonomi. Millionaire Race, program pelatihan unik yang dikembangkan oleh Sandiaga Uno dan Mardigu “Bossman”, telah memperkenalkan pendekatan inovatif dengan fokus pada kesadaran akan destinasi wisata dan budaya. Program ini bukan hanya sekadar pengalaman pembelajaran, tapi juga pengalaman pariwisata yang mendalam.

Berbeda dari program sejenis, Millionaire Race tidak hanya mengajak peserta untuk mengenal budaya, tetapi juga untuk memahaminya melalui berbagai aktivitas yang terkait dengan budaya dan ekonomi kreatif di destinasi tertentu. Program ini telah menarik perhatian pengusaha sukses Indonesia dari berbagai latar belakang dan daerah, yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan pariwisata dan sektor-sektor terkait seperti kerajinan dan kuliner.

Millionaire Race telah berhasil menciptakan gelombang kesadaran yang luar biasa di media sosial. Dari Bali hingga Borobudur, program ini telah menjadi perhatian di media sosial Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok. Dari target Impressions di media sosial tentang Yogyakarta dan Millionare Race 5 tahun 2023 sebesar 100.000.000, sampai saat penutupan impressions semua akun YouTube, Instagram, Facebook dan Tiktok peserta sudah mencapai 270.005.887 Impressions berupa view, like, comment.

Ferdin Boy dari Deboer Kreasi Asia yang juga project Director Narapatih Academy menjelaskan bahwa Millionaire Race 5 yang dilaksanakan pada 7 sd 10 Desember 2023 di Jogja ini mendapat dukungan penuh dari Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) DIY, khususnya Bidang Pariwisata dengan Aplikasi Jogja Carnivalnya.

“Pembukaan acara yang mengundang 144 pengusaha dari seluruh Indonesia menjadi momentum awal yang mengesankan. Dengan kehadiran Wakil Ketua Umum KADIN DIY Pariwisata, Ir. Arif Effendi, Bidang Destinasi Itock Vandiera dan anggota KADIN DIY Teny, acara dibuka di Obelix Sea View,” ungkap Boy, melalui pesan whatsApp, Minggu (24/12/23).

“Kini, Millionaire Race 2023 kembali mengguncang Jogja dengan tantangan yang lebih tinggi. Tiga tantangan utama, yakni Physical Challenge, Millionaire Challenge, dan Cultural Challenge, membawa peserta melibatkan diri dalam pengalaman unik di seputar Jogja,” imbuhnya.

Dengan kolaborasi bersama KADIN DIY Pariwisata, program ini bertujuan menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi destinasi dan masyarakat setempat. Peserta diajak untuk tidak hanya menyelesaikan tantangan fisik, tetapi juga menciptakan konten kreatif di media sosial untuk meningkatkan kesadaran.

Setelah serangkaian tantangan budaya, seperti membuat kue putu, menulis aksara Jawa, membuat Wayang Kertas, dan membatik Eco Print, acara ditutup dengan pengumuman pemenang di Resto Unagi dan Udang Alam Kreo.

Team Mangkubumi meraih gelar juara pertama, diikuti oleh Team Joko Khalis sebagai juara kedua dan Team Captain America sebagai juara ketiga. Jogja Millionaire Race 5 2023 bukan hanya tentang perlombaan menuju kekayaan, tetapi juga perjalanan mendalam untuk memperkuat dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia. Menciptakan orang-orang hebat melalui kompetisi yang sudah teruji untuk mencapai dua tujuan yaitu menjadikan peserta menjadi lebih hebat lagi dan mengangkat sektor pariwisata dan perekonomian negeri. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru