Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomePendidikanMahasiswa KKN UAD Pilah Sampah Anorganik Bersama Masyarakat Piring 2 Bantul

Mahasiswa KKN UAD Pilah Sampah Anorganik Bersama Masyarakat Piring 2 Bantul

JURNALNUSANTARA.NET – Sembilan orang mahasiswa KKN UAD Reguler 96 Unit VII A.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan kegiatan pemilahan sampah anorganik di rumah Sri Pujilah selaku Ibu RT 4 di Dukuh Piring 2, Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul.

Kesembilan mahasiswa UAD itu adalah Ficky Kurniawan Candra, Ayu Puspa Ningsih, Cindy Ristia Novitasari, Indah Ayu Safitri, Listyan Dhani Tri Utama, Yulliani Ila Millati, Ajeng Sholihatun Munawaroh, Fauzy Al Kaffi dan Revanis Rahma Dani.

Program kerja ini dilakukan di tiap RT se-Dukuh Piring 2. “Sebagai upaya untuk merealisasikan program Pemerintah Bantul, yakni Bantul Bersama atau Bantul Bersih Sampah 2025,” jelas Fauzy Al Kaffi selaku ketua KKN Unit VII A.1, Selasa (6/9/2022).

Dijelaskan Fauzy, program pemilahan sampah anorganik ini bertujuan untuk membantu masyarakat. “Terutama ibu rumah tangga dalam pemilahan dan pengolahan sampah yang benar,” kata Fauzy.

Hal tersebut mulai dari sampah kertas, plastik, kaca, kaleng sampai sampah-sampah yang asing. “Seperti sepatu bekas, sandal bekas dan lain-lain,” ungkap Fauzy.

Sampah-sampah ini, kata Fauzy, merupakan masalah lingkungan yang tidak bisa disepelekan. “Karena sangat sulit terurai dan bisa merusak lingkungan,” tandasnya.

Oleh karena itu, dibutuhhkan penanganan yang tepat agar sampah anorganik ini tidak merugikan dan merusak lingkungan.

Selain itu, program kerja ini juga merupakan salah satu rangkaian pengabdian kepada masyarakat. “Sebagai implementasi MoU antara UAD dengan mitra DLH Kabupaten Bantul,” kata Fauzy, yang menerangkan hal tersebut untuk mewujudkan Bantul Bebas Sampah di tahun 2025.

Keseluruhan program di Piring 2 Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, yang dilaksanakan oleh pihak UAD dikoordinasi oleh Dr Surahma Asti Mulasari, S.Si, M.Kes, yang sehari-hari sebagai dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD.

Program kerja ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan KKN Universitas Ahmad Dahlan dalam rangka menyukseskan program kerja Pemerintah Bantul, yaitu Bantul Bersama atau Bantul Bersih Sampah 2025.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat. “Terkait betapa pentingnya pemilahan dan pengolahan sampah anorganik,” ujar Fauzy Al Kaffi selaku Ketua KKN UAD Reguler 96 Unit VII A.1.

Antusiasme yang tinggi dari masyarakat — terutama ibu-ibu — dalam melaksanakan kegiatan pemilahan sampah ini pada 5 September 2022 pukul 15.00-16.30 yang diawali dengan sosialisasi bagaimana cara memilah sampah anorganik yang benar dari Ketua Unit KKN.

Dilanjutkan dengan melakukan pemilahan dari sampah-sampah yang telah dikumpulkan dengan menggunakan kantong sampah yang telah dibagikan oleh mahasiswa KKN UAD.

Dengan adanya kegiatan pemilahan sampah tiap RT di Dukuh Piring 2 ini diharapkan bisa menyukseskan Program Bantul Bersih Sampah 2025. “Dengan begitu ibu-ibu akan terbiasa untuk membuang sampah sesuai dengan jenis dan dapat memanfaatkan sampah anorganik untuk dipergunakan kembali,” tambah Dr Surahma Asti Mulasari, S.Si, M.Kes, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UAD. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru