Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahPenyuluhan Pengelolaan Sampah Mandiri di Sanden Bantul

Penyuluhan Pengelolaan Sampah Mandiri di Sanden Bantul

JURNALNUSANTARA.NET – KKN UAD Unit VII D.1 Kalimundu Bantul yang diikuti 9 orang mahasiswa bekerja sama dengan Manajemen Mengabdi UPN Veteran Yogyakarta mengadakan penyuluhan pengelolaan sampah mandiri melalui bank sampah di Dusun Kalimundu, Kalurahan Gadingharjo, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang diadakan di rumah Kepala Dukuh Kalimundu pada 20 Agustus 2022 lalu itu tujuannya adalah mengedukasi masyarakat. “Khususnya dalam mengelola sampah secara mandiri di tingkah rumah tangga,” jelas Zulfikar Ikhsan AS selaku Ketua KKN UAD Unit VII D.1, Selasa (6/9/2022).

Disampaikan Kepala Dukuh Kalimundu, Srihadi Joko Padmono, budaya bersih sampah harus selalu dilestarikan. “Terutama dalam rangka menyukseskan salah satu program Pemerintah Kabupaten Bantul, yaitu Bantul Bersama atau Bantul Bersih Sampah 2025,” kata Srihadi didampingi Suci Musvita Ayu selaku dosen pembimbing.

Pada kesempatan itu, Ir Didi Saidi, MSc, sampaikan materi mengenai bank sampah di depan 20 orang perwakilan warga Padukuhan Kalimundu. Di antaranya apa itu bank sampah, komponen bank sampah, paradigma baru penanganan sampah, struktur pengelola bank sampah, ketentuan, administrasi, buku tabungan bank sampah hingga penjelasan mengenai hasil kerajinan yang dapat diproduksi dari berbagai jenis sampah.

Warga sangat antusias ikuti penyuluhan tersebut untuk menyambut Program Bantul Bersih Sampah 2025. “Diharapkan dapat terwujud padukuhan yang bersih, sehat, terbebas dari sampah dan dapat meraih prestasi,” kata Jiman perwakilan RT, yang menambahkan semoga ke depan dapat membangun wisata edukasi pengelolaan sampah dan pemberdayaan tanaman obat. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru