Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeNasionalTerus Lakukan Pemantapan, Panitia Muktamar 48 Kembali Gelar Simulasi Pemilihan, Persidangan dan...

Terus Lakukan Pemantapan, Panitia Muktamar 48 Kembali Gelar Simulasi Pemilihan, Persidangan dan Serah Terima Mandat

JURNALNUSANTARA.NET – Pemantapan cara pemilihan dan persidangan, Panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah-‘Aisyiyah kembali gelar simulasi pemilihan, persidangan dan serah terima mandat di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (29/10).

Terlihat menghadiri acara tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad dan Marpuji Ali, Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah Tafsir, serta perwakilan PDM dan PDA se Jawa Tengah yang mengikuti simulasi.

Sekretaris Panitia Pusat, M. Nurul Yamien menuturkan bahwa kegiatan ini diikuti perwakilan dari seluruh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan PD ‘Aisyiyah se-Jateng. Ini lebih banyak jika dibandingkan simulasi yang pertama, yang hanya diikuti perwakilan dari Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Solo Raya. Selain itu, jika dibandingkan dengan simulasi yang pertama, simulasi yang kedua ini digelar lebih komprehensif.

“Perbedaan simulasi kedua dibanding dengan simulasi yang pertama, simulasi kedua ini lebih komprehensif, artinya mencoba mensimulasikan layanan kepada anggota muktamar sejak mereka datang ke kampus UMS ini,” ungkapnya.

Yemien menambahkan, bahwa selain simulasi pemilihan pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi untuk tukar mandat dan simulasi pemondokan atau penginapan para peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah-‘Aisyiyah di Surakarta. Mengingat peserta muktamar nanti tidak sedikit, dia berharap dengan simulasi ini nanti akan memudahkan urusan pemondokan.

“Nah setelah simulasi pemondokan atau penginapan dilanjutkan simulasi persidangan, sehingga bisa diantisipasi oleh panitia hal-hal yang menyangkut persiapan persidangan. Seperti yang sekarang ini sedang berlangsung,” ungkap Yamien.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Yamien mengatakan bahwa meski persiapan panitia telah berlangsung lama, namun saat ini masih terus dilakukan pemantapan. “Saya kira pemantapan-pemantapan akan terus dilakukan apakah akan terintegrasi semacam ini, atau nanti simulasi ketika mungkin sedang dipersiapkan oleh panitia,” tandasnya.

Sementara itu, Anggota Panitia Pemilihan (Panlih) Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Budi Setiawan menambahkan bahwa proses pemilihan di Muktamar 48 akan menggunakan e-voting dari proses pemilihan sampai penghitungan. Ini bukan pengalaman pertama bagi Muhammadiyah, sebab di Muktamar sebelumnya telah menggunakannya, tapi hanya pada proses penghitungan dan untuk pemilihan masih manual. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru