Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomePendidikanBPSMI DIY dan UAD Gelar Peksimiprov DIY Tangkai Lomba Sastra

BPSMI DIY dan UAD Gelar Peksimiprov DIY Tangkai Lomba Sastra

JURNALNUSANTARA.NET – Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) DIY bekerjasama dengan UAD Yogyakarta adakan Pekan Seni Mahasiswa Provinsi (Peksimiprov) DIY tangkai lomba sastra, Selasa (30/8/2022).

Disampaikan Dr Dedi Pramono, M.Hum selaku ketua panitia, lomba yang diadakan pada 31 Agustus 2022 di Ruang Serbaguna dan Ruang Lab Lantai 6 Kampus Utama Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, diikuti 64 orang mahasiswa yang ikut lomba baca puisi putra (10), baca puisi putri (16), penulisan puisi (19), penulisan cerpen (10) dan penulisan lakon (9).

“Juri yang terpilih dalam kegiatan ini adalah yang sudah kompeten dan handal di bidang,” kata Dedi Pramono, yang menambahkan lomba tangkai sastra sebanyak 4 tangkai dari 15 tangkai yang dilombakan.

Ketua BPSMI DIY, M Sholahuddin, SSn, MT, mengatakan, Peksimiprov DIY tangkai lomba sastra di UAD ini untuk menjaring mahasiswa bertalenta di bidang baca puisi, penulisan cerpen dan lakon.

“Ini dalam rangka pembinaan dan menjaring mahasiswa untuk mengikuti Peksiminas 2022 di Universitas Brawijaya pada Oktober 2022,” kata Sholahuddin.

Menurut Sholahuddin, Peksiminas merupakan gelaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, sampaikan ucapan terima kasih kepada BPSMI DIY karena diberi kepercayaan jadi tuan rumah dalam tangkai lomba sastra. “Kegiatan ini guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam seni sastra,” kata Muchlas.

Bagi Muchlas, melalui kegiatan ini bisa sebagai ajang memupuk rasa persaudaraan, kerjasama dan menjalin persaudaraan serta kesatuan antarmahasiswa dari segala aspek, termasuk aspek seni dan budaya,” papar Muchlas.

Melalui kegiatan ini diharapkan tidak hanya sekadar kegiatan lomba untuk mencari kemenangan. Tapi juga mampu menumbuhkan kemampuan mahasiswa dalam bakat dan minat seni sastra. Ajang lomba sebagai wahana untuk menumbuhkan jiwa kompetisi, mengembangkan kreativitas, melatih kejujuran dan sportivitas, memperluas jaringan, menambah pengalaman, menumbuhkan sikap pantang menyerah. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru