Thursday, June 13, 2024
Jurnal Nusantara
HomePendidikanMadrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Career Day 2024

Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Gelar Career Day 2024

JURNALNUSANTARA.NET – Salah satu agenda tahunan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah career day. Tahun ini dilaksanakan pada Selasa (30/1/2024). Berbagai agenda dilaksanakan pada kegiatan yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kegiatan yang diikuti seluruh siswi Mu’allimaat ini dibuka oleh Prof Dr Mami Hajaroh mewakili Badan Pembina Harian (BPH) Madrasah Mu’allimin Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dengan ditandai pemotongan pita, didampingi Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Yogyakarta Elva Soraya.

Dengan adanya kegiatan Career Day ini diharapkan para siswi mampu bersaing di era masa depan dengan kualitas dan keunggulan yang mereka dapatkan selama berpendidikan di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Tujuan utamanya untuk mengenalkan berbagai perguruan tinggi, terutama bagi para siswi yang duduk di kelas 12. Di samping itu, siswi kelas 10 melakukan kegiatan Market Day sebagai implementasi kegiatan kewirausahaan dan siswi kelas 11 mengadakan kegiatan Science Show.

Direktur Madrasah Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta Unik Rasyidah, M.Pd mengungkapkan, bahwa Science Show sendiri dilakukan sebagai ajang pameran bagi para anak yang minat dalam bidang keagamaan, science dan sosial.

“Bentuk dari pameran ini dilakukan melalui presentasi pada stand-stand yang sudah disediakan oleh penyelenggara,” ujarnya.

Tidak hanya itu, siswi yang duduk di kelas 9 mengerjakan try out, siswi kelas 7 dan 8 melakukan job fashion, di mana mereka akan menggambar masa depan, cita-cita serta harapan mereka di masa depan.

Melalui kegiatan tersebut harapannya siswi-siswi termotivasi untuk menata cita-cita mereka secara lebih baik, lebih rapi dan lebih sistematis.

Career Day Mu’allimaat tahun ini tidak banyak berubah dari tahun sebelumnya, tetapi tetap ada sedikit perbedaan.

Pada tahun ini kegiatannya dapat menjadi ruang bagi siswi dalam mengaktualisasi dan mengekspresikan minat dan bakat mereka. Selain itu, mulai dikenalkan dengan dunia perguruan tinggi sejak dini.

Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Mu’allimin Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta Prof. Dr. Mami Hajaroh, M.Pd mengapresiasi Career Day dalam rangka memberikan pencerahan kepada santriwati.

“Dengan career day ini mereka akan tahu potensi dan akan mengarahkan diri mereka sendiri ke arah keilmuan. Saya menyambut ini hal yang luar biasa,” ungkapnya.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Elva Soraya, turut memberikan motivasi karir bagi para siswi Mu’allimaat.

“Terlebih di era global seperti sekarang ini, lulusan madrasah diharapkan memiliki wawasan yang luas dan memiliki kecakapan yang mumpuni di berbagai bidang yang sesuai dengan passion-nya,” katanya.

Career Day Mu’allimaat dimeriahkan dengan penampilan kesenian dan kebudayaan dari para civitas Muallimaat.

Selain itu ada stand dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di antaranya Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Mercu Buana (UMB), Politeknik Gistrav, Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), UIN Sunan Kalijaga, STT Nuklir, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, SBMPT Muhammadiyah, UPN Veteran, UM Purwokerto dan alumni Timur Tengah.

Hadirnya perguruan tinggi di tengah-tengah para siswi ini, menjadi daya dukung bagi siswi untuk semakin memberi pandangan terkait perguruan tinggi yang diminati.

Pilihan perguruan tinggi yang tepat akan sangat membantu siswi dalam mengalami percepatan karirnya. Kalau nanti salah memilih perguruan tinggi akan menjadi tidak efektif dan efisien waktunya.

Selain pendidikan formal, para siswi juga dibimbing untuk menentukan rencana besar dalam mewujudkan impiannya masing-masing.

“Dengan bimbingan hari ini dan hari-hari berikutnya itu membantu para siswi memiliki roadmap karirnya lebih jelas. Harapannya mereka bisa lebih mengenal perguruan tinggi lebih awal sehingga ketika dia harus memilih nanti pada waktunya sudah tidak ada kebingungan lagi,” pungkas Unik Rasyidah. (*/fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img
- Advertisment -spot_img

berita populer

komentar terbaru