Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahPolda DIY Tangkap Pelaku Pembobol Mesin ATM BPD DIY

Polda DIY Tangkap Pelaku Pembobol Mesin ATM BPD DIY

JURNALNUSANTARA.NET – Polda DIY melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum berhasil mengungkap kasus pembobolan mesin ATM milik Bank BPD DIY. Para pelaku berhasil mencuri uang sebanyak Rp. 43.800.000,-.

Disampaikan Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto, SIK, M.Sc, dalam konferensi pers di Lobi Mapolda DIY, Kamis (4/8/2022), komplotan ini melakukan kejahatannya pada Sabtu malam, 30 Juli 2022 hingga 31 Juli 2022 dinihari.

Bersama Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, Kabid Humas Polda DIY menjelaskan dalam waktu tidak sampai dua hari pada Senin, 1 Agustus 2022 dinihari, Tim Resmob Polda DIY berhasil mengamankan pelaku yang berjumlah empat orang. Mereka diamankan di wilayah Bale Endah, Bandung, Jawa Barat.

Direktur Reskrimum Polda DIY melalui Wadir Reskrimum AKBP Kayuswan Tri Panungko SIK, MM, menjelaskan, pembobolan ATM ini dilakukan di 17 lokasi: 15 berlokasi di Kota Yogyakarta dan 2 berlokasi di Kulon Progo.

Modus yang dilakukan komplotan ini menggunakan semacam pengait untuk memaksa mesin ATM tetap terbuka setelah transaksi resmi yang pelaku lakukan.

Keempat pelaku yang berhasil diamankan.adalah DH, laki-laki, 32 thn, Tanah Sarael, Kota Bogor; DF, laki-laki, 33 thn, Wiraswasta, Bale Endah, Bandung, Jawa Barat; T, laki-laki, 36 thn, Wiraswasta, Cibinong Bogor, Jawa Barat, dan W, laki-laki, 31 thn, Wiraswasta, Tanggamus, Lampung.

Dari para pelaku petugas berhasil mengamankan alat penjepit uang, obeng minus, kartu ATM, dan sebuah unit R-4 Brio Kuning. Sedangkan uang hasil kejahatannya habis digunakan berfoya-foya.

Sedangkan terkait keamanan uang milik para nasabah Bank BPD, Dirut BPD memastikan bahwa uang nasabah tetap aman.

Direktur Utama BPD memastikan modus yang dilakukan para pelaku ini relatif baru dan belum pernah menimpa mesin ATM milik Bank BPD DIY. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru