Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomePariwisataGali Ilmu Pariwisata Kadisbudpar Kabupaten Berau Kunjungi Yogyakarta

Gali Ilmu Pariwisata Kadisbudpar Kabupaten Berau Kunjungi Yogyakarta

JURNALNUSANTARA.NET – Pembangunan sektor pariwisata diharapkan dapat meningkatkan kontribusi dalam struktur perekonomian. Selain itu, dengan semakin berkembangnya daerah wisata, maka akan tercipta lapangan kerja serta kesempatan berusaha bagi masyarakat sehingga pendapatan juga meningkat.

Hal itu diungkap oleh Ir.H Ilyas, M.M.A. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Berau Kalimantan Timur bersama rombongan saat ditemui awak media dalam bincang santai bersama Pegiat Atraksi dan Pariwisata Yogyakarta Arif Effendi, Itock Van Diera dan Agung Wicaksono dari Akademisi di Hotel Royal Malioboro Yogyakarta pada Senin (14/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut Ilyas menyampaikan bahwa kunjungan kerja (kunker) ke Yogyakarta bersama dengan rombongan tim dari Dinas PUPR Kabupaten Berau tersebut dalam rangka menggali ilmu tentang pengembangan potensi pariwisata di Yogyakarta yang nantinya akan diterapkan di Kabupaten Berau.

“Kami mohon bantuan untuk mengelola, menangani, dan memberi masukan kepada kita dari Kabupaten Berau untuk mengembangkan pariwisata yang sudah memiliki potensi yang cukup bagus,” ungkap Ilyas.

Bincang Santai rombongan tim Disbudpar Berau dengan pegiat atraksi dan pariwisata Jogja di Hotel Royal Malioboro Yogyakarta – (Foto: Rahmad Soemardi/JurnalNusantara.net)

“Kenapa kami harus datang ke Jogja? Karena kami menganggap Jogja itu sudah luar biasa majunya, kalau dipikir mengenai potensinya tidak ada apa-apa potensinya dibandingkan dengan kami, tapi kok ramai orang datang ke Jogja. Bahkan wisatawan mancanegara juga banyak yang datang ke Jogja,” tuturnya.

“Makanya kami bertanya apa rahasianya dengan para pegiat pariwisata di Jogja yang kita temui pada hari ini meskipun secara informal dan kami belajar disini mudah – mudahan Berau kalo tidak bisa sama atau mendekati Jogja tapi minimal bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” harap Ilyas.

Ilyas juga menyampaikan, bahwa kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kabupaten Berau dan juga Badan Usaha Milik Kampung memegang peranan penting dalam konsep pengembangan pariwisata dan kebudayaan serta ekonomi kreatif dan UKM di Kabupaten Berau.

Kabupaten Berau sendiri merupakan salah satu Pintu Gerbang Pembangunan di wilayah Propinsi Kalimantan Timur Bagian Utara, dan sekaligus merupakan wilayah daratan dan pesisir pantai yang memiliki sumber daya alam serta potensi wisata bawah lautnya.

Salah satu obyek wisata yang sudah terkenal dan mendunia adalah Pulau Derawan, keindahan pemandangan bawah lautnya menjadikan pulau ini menjadi salah satu tujuan para diver dari seluruh penjuru dunia. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru