Sunday, December 4, 2022
Jurnal Nusantara
HomeSeni & BudayaKirab Siwur, Tradisi Budaya Masyarakat Imogiri untuk Menghormati Para Leluhur

Kirab Siwur, Tradisi Budaya Masyarakat Imogiri untuk Menghormati Para Leluhur

JURNALNUSANTARA.NET – Kapanewon Imogiri dikenal dengan tradisi budayanya yang kental. Tradisi masyarakat sekitar dalam menghormati dan memuliakan para leluhur menjadikan Kapanewon Imogiri ditetapkan sebagai Gerbang Budaya Kabupaten Bantul oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Salah satu dari tradisi budaya di Imogiri yakni Kirab Siwur yang merupakan salah satu rangkaian dari Upacara Nguras Enceh. Kirab Siwur ke-21 tahun ini dilaksanakan Kamis (11/8/2022) yang lalu dengan mengusung tema “Dengan Semangat Budaya Imogiri memperkokoh Bhineka Tunggal Ika menuju Warisan Dunia”.

Terdapat 4 prosesi dalam Kirab Siwur ini. Yang pertama, prosesi pelepasan Kirab yang dilangsungkan di Pendopo Kapanewon Imogiri, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengambilan siwur (gayung) milik Bupati Juru Kunci Surakarta dan Bupati Puralaya. Terakhir, prosesi serah terima siwur di Makam Raja-Raja Imogiri.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut hadir dalam Upacara Kirab Siwur ini menyampaikan, terimakasih dan turut berbahagia atas terlaksananya kegiatan yang melambangkan syukur ini.

“Kegiatan ini sudah cocok dengan tatanan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujarnya.

Selain itu, Joko juga mengucapkan terima kasih atas gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan kebudayaan.

“Kegiatan seperti ini dapat mendukung visi misi Kabupaten Bantul,” katanya. (put)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru