Saturday, November 26, 2022
Jurnal Nusantara
HomeDaerahRakor Rumah Data Kependudukan Kampung KB Condongcatur Sleman

Rakor Rumah Data Kependudukan Kampung KB Condongcatur Sleman

JURNALNUSANTARA.NET – Rapat Koordinasi Rumah Data Kependudukan (RDK) Kampung KB Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, dilaksanakan di Ruang Wacana Loka Kantor Kalurahan Condongcatur, Kamis (18/8/2022).

Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji mengapresiasi Pokja Kampung KB Condongcatur yang beberapa waktu lalu berhasil meraih Juara 2 Kampung KB mewakili Kabupaten Sleman dalam Lomba Penguatan Kampung KB Tingkat Provinsi DIY Tahun 2022.

Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga Kalurahan Condongcatur yang menempati ruangan tersendiri di sebelah timur Gedung Serbaguna, kata Reno, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dilengkapi data-data kependudukan.

“Sehingga tersaji data yang lengkap dan komprehensif dan nanti ketika ada studi banding atau penelitian dari instansi, lembaga atau mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dapat menyajikan data yang lengkap ketika dibutuhkan,” kata Reno.

Disampaikan Reno, perpustakaan yang ada di Pemkal Condongcatur juga dapat berkalaborasi dengan Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga.

Ketua Pokja Kampung KB Condongcatur, Novita Safitri, mengucapkan terimakasih kepada kader kader semuanya. “Baik yang di Kampung KB, Tim Dashat maupun Rumah Data Kependudukan yang memberikan tenaga, pikiran dan lainnya untuk diabdikan di kampung keluarga berkualitas Condongcatur,” kata Novita Safitri.

Ke depan, inovasi-inovasi program dan kegiatan kampung KB dapat dibuat. Dan program-program tidak sekadar teori, tetapi diimplementasikan di masyarakat.

“Harapannya di Condongcatur tercapai zero stunting,” ungkap Novita.

Sementara itu, penanggungjawab program KB Depok, Siti Juwariyah mengatakan, Rumah Data Kependudukan Kampung KB berfungsi sebagai basis data dan informasi serta intervensi pembangunan di tingkat mikro wilayah kampung keluarga berkualitas.

“Kampung KB sebagai wahana pemberdayaan masyarakat adalah sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program bangga kencana, serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas,” jelas Siti.

Saat ini Rumah Data Kependudukan (Rumah Dataku) Condongcatur sudah bagus. Mendekati lengkap. Hal itu berkat kader-kader KKB yang mencurahkan segenap tenaga, pikiran dan potensinya. Beberapa waktu lalu telah dikirimkan kader Rumah Dataku Condongcatur, yaitu Sri Wahyuni, Tri Suharti dan Apri Nugroho, untuk mengikuti pengelolaan rumah data di BKKBN DIY.

Adapun Rumah Data Kependudukan Condongcatur saat ini telah masuk klasifikasi paripurna. (fan)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru