Thursday, December 1, 2022
Jurnal Nusantara
HomeSeni & Budaya77 Ambengan dan Jajan Pasar Meriahkan Malam Tirakatan HUT RI...

77 Ambengan dan Jajan Pasar Meriahkan Malam Tirakatan HUT RI ke 77 Padukuhan Denggung Sleman

JURNALNUSANTARA.NET – Padukuhan Denggung, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman DIY menggelar acara malam tirakatan dan tabur bunga dengan menyajikan 77 buah ambengan dan jajan pasar sebagai simbol peringatan HUT ke-77 RI pada Selasa (16/8/2022) malam.

Ratusan warga dari 2 RW padukuhan Denggung , pada Selasa malam itu menyelenggarakan acara malam tirakatan, pembagian hadiah pemenang berbagai lomba peringatan 17 Agustus dan juga tabur bunga di makam Denggung.

Sajian 77 ambengan dari berbagai jenis jajan pasar yang merupakan simbol HUT RI ke 77 ini kemudian dibagikan kepada seluruh warga yang hadir setelah melaksanakan doa yang dipimpin oleh Nurdin Purnomo selaku Rois di padukuhan Denggung.

Paduan suara lagu lagu perjuangan yang dinyanyikan oleh ibu – ibu warga Denggungpun menggema penuh semangat dan pekik kemerdekaanpun bergemuruh dari seluruh warga yang menyambut peringatan HUT ke 77 RI pada malam itu.

Susilo L Suharyati, selaku kepala dukuh Denggung menyampaikan pesan dari bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bahwa malam tirakatan peringatan HUT ke – 77 RI dapat dilakukan dengan penuh kehikmatan sebagai introspeksi kita dalam mengisi kemerdekaan di masa mendatang.

“Ini merupakan saat yang tepat untuk mensyukuri nikmat kemerdakaan yang telah kita jalani selama 77 tahun ini, oleh karenanya kita isi dengan mendoakan arwah para pahlawan kita,” tambahnya.

Sementara itu di wilayah rt 4 Denggung sebelum bergabung mengikuti malam tirakatan di padukuhan Denggung warga melaksanakan kenduri.
Permohonan doa untuk mengenang jasa para pahlawan dan leluhur mereka itu dipimpin langsung oleh Wahsin, ketua rt setempat.

Tema peringatan HUT RI ke 77 yang dipilih pemerintah kali ini adalah “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, yaitu dengan melaksanakan vaksinasi dan juga menjunjung kearifan lokal yaitu gotong – royong.

Pemerintah berharap dengan meratanya vaksinasi diharapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa pulih lebih cepat dari wabah pandemi covid 19 dan dengan bergotong royong masyarakat juga kemudian mampu segera bangkit dan menjadi lebih kuat. (rmd)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
dummy_iklan

berita populer

komentar terbaru